Program Bantuan Kesehatan Ibu dan Bayi Tinjau Rumah Sakit

Ilustrasi

BULUKUMBA, BB – Tim Pokja program kesehatan Expanding Maternal and Neonatal Survivalemas atau EMAS meninjau RSUD dan Puskesmas di Bulukumba.

Program ini akan membantu meningkatkan kualitas pelayanan gawat darurat kebidanan dan pelayanan kesehatan bayi yang baru lahir di Rumah Sakit dan Puskesmas.

Termasuk bantuan pelatihan dan fasilitas kesehatan ibu dan bayi di Rumah Sakit dan Puskesmas. Sehingga akan menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian bayi (AKB) saat melahirkan.

Kepala bidang P2KESMAS Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Mappatoba mengatakan program ini merupakan kegiatan kerjasama antara United States Agency For International Development (USAID)  dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

“Perlu pertimbangan aspek efisiensi dan efektifitas pada setiap sistem rujukan antara puskesmas dan rumah sakit yang diharapkan berkontribusi dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir sebesar 25% di Sulawesi Selatan,”katanya.

Sekretaris Daerah Bulukumba, Andi Bau Amal menyambut baik program tersebut. Ia berharap jika program ini bisa membantu pemkab Bulukumba dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bulukumba yang pada akhirnya akan meningkatkan Indeks pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Bulukumba.

“Kami berharap program ini bisa terlaksana di Kabupaten Bulukumba. Sehingga ada peningkatan Indeks pembangunan Manusia (IPM),”katanya saat menerima tim Pokja di Ruang Kerja Bupati Kamis 28 Maret 2013.

Rombongan tim Pokja ini meninjau langsung tingkat capaian persalinan tenaga kesehatan yang ada di RSUD Andi Sultan Daeng Radja dan sistem rujukan yang ada di sejumlah Puskesmas.

No Responses

Beri Tanggapan Anda