Hasil Quick Count Pilkada Sumsel 2013: Alex Menang Satu Putaran

JAKARTA,BB - Hasil perhitungan cepat atau quick count pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Selatan periode 2013-2018 dimenangkan oleh pasangan Alex Noerdin – Ishak Mekki.

Berdasarkan quick count yang digelar oleh Indo Barometer bekerjasama dengan Metro TV menunjukkan bahwa Alex Noerdin – Ishak Mekki memperoleh suara terbanyak, yaitu 36,02%.

Posisi berikutnya ditenggeri pasangan Herman Deru – Maphilinda Syahrial Oesman (33,00%), Eddy Santana Putra – Anisja Djuita (19,66%), dan Iskandar Hasan – Hafisz Tahir (11,32%).

Perbedaan suara antara Alex Noerdin – Ishak Mekki dan Herman Deru – Maphilinda Syahrial Oesman terbilang tipis, hanya 3,02%. Berdasarkan quick count Alex Noerdin – Ishak Mekki memenangkan pemilukada dalam 1 putaran, karena telah memperoleh suara lebih dari 30%.

Namun, penentuan kemenangan Alex Noerdin – Ishak Mekki tetap mengacu pada penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU Sumatera Selatan. Mengingat perbedaan suara yang tipis antara Alex Noerdin – Ishak Mekki dengan Herman Deru – Maphilinda Syahrial Oesman, KPU Sumatera Selatan harus cermat dan teliti dalam melakukan penghitungan manual untuk menentukan pemenang dalam pemilukada, guna menjaga situasi kondusif Provinsi Sumatera Selatan pasca pemilukada.

Berikut perolehan suara pasangan calon berdasarkan 100% suara masuk:

No Urut

Pasangan

Persentase

1

EDDY SANTANA PUTRA – ANISJA DJUITA

19,66%

2

ISKANDAR HASAN – HAFISZ TAHIR

11,32%

3

HERMAN DERU – MAPHILINDA SYAHRIAL OESMAN

33,00%

4

ALEX NOERDIN – ISHAK MEKKI

36,02%

Perolehan suara Herman Deru – Maphilinda Syahrial Oesman cukup besar mengalahkan suara Eddy Santana Putra – Anisja Djuita yang selama ini diprediksi akan menjadi penantang kuat Alex Noerdin – Ishak Mekki. Melihat hasil quick count, nampaknya menjelang pemilukada terjadi pergeseran suara dari Eddy Santana Putra – Anisja Djuita ke Herman Deru – Maphilinda Syahrial Oesman.

Terjadi akselarasi dukungan terhadap pasangan tersebut menjelang hari-hari terakhir pelaksanaan pemilukada Provinsi Sumatera Selatan.

Mengacu hasil quick count Indo Barometer, tingkat partisipasi pemilih (voter turn out) pada pemilukada Provinsi Sumatera Selatan sebagai berikut:

Partisipasi Pemilih

Persentase

SUARA SAH

66,22%

SUARA TIDAK SAH

2,89%

SUARA TIDAK DATANG

30,89%

Apabila dijumlah antara suara sah dan suara tidak sah, angka partisipasi pemilih sebesar 69,11%. Sedangkan suara tidak datang ke TPS sebesar 30,89%. Angka partisipasi pemilih di pemlukada Provinsi Sumatera Selatan relatif tinggi jika dibandingkan pemilukada provinsi lain, seperti Sumatera Utara dan Jawa Tengah. Angka partisipasi pemilih pemilukada Provinsi Sumatera Selatan hampir mencapai 70%.

Quick count Indo Barometer dilaksanakan di 350 TPS sampel yang diambil dari 16.579 TPS yang tersebar di 15 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan. Dari total pemilih (DPT) 5.825.765 pemilih. Dengan jumlah sampel sebesar itu, margin of error quick count adalah ± 1% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 99%.

"Quick count menggunakan metode multi stage random sampling, yaitu metode acak bertingkat dengan mengambil sampel di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan," tulis Press Release yang ditandatangani Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari, diterima BeritaBulukumbacom.

Laporan: CR15/Mj/PR

admin
14 Responses
  1. qairandrafa1 year ago

    Mohon sangat diteliti oleh pihak KPU jangan sampai ada kecurangan, karna kami warga sumsel tahu kelicikan alex. Mohon ditindak lanjuti pula oleh hukum mengenai money politik yg dilakukan oleh alex. Tolong wujudkan keinginan rakyat sumsel. Akui hak mereka yg telah memilih pemimpin mereka berdsarkan hati. Tolong jangan dimanipulasi. Kami ingin daerah kami maju n rakyat sejahtera. Bukan dibohongi dan dibodohi lagi. Kepada KPU kami menunggu hasil yg jujur tanpa ada rekayasa. KAMI SUDAH TIDAK MENGINGINKAN ALEX NOERDIN LAGI sebagai pemimpin kami.

    Reply
    • anas1 year ago

      Warga mana, siapa? Jgn mengatas namakan warga,. Warga sumsel sudah pintar dan tau mana yg harus d pilih

      Reply
      • yadi pratama1 year ago

        saya dukung herman deru broo..
        semoga ada putaran kedua………..

        Reply
    • Anak Rantau Tangerang1 year ago

      Kamu pengennya kandidat mu yang menang….sudah ketahuan dari pendukung mana ini, paling No. 2. Kualitas dan persaingan yang tidak sehat telah terlihat di debat calon gubernur.

      Reply
    • yadi pratama1 year ago

      saya berpendapat bapak HERMAN DERU DAN IBU MAPILINDHA yang menang PILGUB sumsel………..
      alex noerdin bagi bagi uang….
      KEC. kertapati
      plaju
      kenten..
      SILAKAN DI TELUSURI KEBENARAN COMENT SAYA……..

      Reply
    • Jacky1 year ago

      gak boleh mendiskriditkan orang pak..lihat diri kita udah lebih baik belom? allah swt maha tahu..jadi jang mengkisru suasana karena bisa menimbul kerusuhan..serahkan saja pada kpu nanti kita juga tahu hasilnya siapa yang menang…

      Reply
  2. andi1 year ago

    Yang kalah berlapang dada tunggu lagi lima tahun kedepan , yang menang jangan lupa dengan janji waktu kampanye …mudah2 an sumsel makin jaya

    Reply
  3. abrar1 year ago

    yang menang saatnya memikirkan kepentingan umum,,, bukan bikin kebon sawit terus, kasian petani padi kabanjiran da 3 tahun ga panen, dan peternak ikan pada mati di kab. oki…

    Reply
    • yadi pratama1 year ago

      betul betul……….

      Reply
  4. yadi pratama1 year ago

    siapa aja yang menang semoga membuktikan janji sesuai pda saat kampanye………..

    Reply
  5. Indro Leo Marcho's Mathematiko1 year ago

    ishak mekki jadi wagub???? mudah2an jalan yang menuju ke kecamatan tulung selapan jadi “lumayan bagus”.

    Reply
  6. pudji1 year ago

    semoga kebenaran pasti dari tps seluruh sumsel dipertahankan hingga tingkat kpud dan MK, rakyat jenuh dengan berita yang mendahului keputusan resmi lembaga berkompeten soal pemilu. rakyat bersandar pada lembaga yang sah!

    Reply
  7. wak labu1 year ago

    Yg Menang Selamat … Yg kalah kasihan deh loh …

    Reply
  8. Jacky1 year ago

    saya sih siapa aja yang menang gak masalah..asal janji2nya di tepati..kita jagoin calon2 yang kita sukai boleh? tapi apakah mereka tahu dengan apa yang anda rasakan..belom tentu? di negeri sangat relaktan dengan janji2 palsu..jadi ngapain kita buang energi buat obroli yg tdak ada hubungan dengan nasib anda..akan anda di angkat jadi pegawainya?belom tentu..

    Reply

Tinggalkan Komentar