Hasil Quick Count Pilkada Sumsel 2013: Alex Menang Satu Putaran

Hasil Quick Count Pilkada Sumsel 2013 versi Indo Barometer

JAKARTA,BB – Hasil perhitungan cepat atau quick count pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Selatan periode 2013-2018 dimenangkan oleh pasangan Alex Noerdin – Ishak Mekki.

Berdasarkan quick count yang digelar oleh Indo Barometer bekerjasama dengan Metro TV menunjukkan bahwa Alex Noerdin – Ishak Mekki memperoleh suara terbanyak, yaitu 36,02%.

Posisi berikutnya ditenggeri pasangan Herman Deru – Maphilinda Syahrial Oesman (33,00%), Eddy Santana Putra – Anisja Djuita (19,66%), dan Iskandar Hasan – Hafisz Tahir (11,32%).

Perbedaan suara antara Alex Noerdin – Ishak Mekki dan Herman Deru – Maphilinda Syahrial Oesman terbilang tipis, hanya 3,02%. Berdasarkan quick count Alex Noerdin – Ishak Mekki memenangkan pemilukada dalam 1 putaran, karena telah memperoleh suara lebih dari 30%.

Namun, penentuan kemenangan Alex Noerdin – Ishak Mekki tetap mengacu pada penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU Sumatera Selatan. Mengingat perbedaan suara yang tipis antara Alex Noerdin – Ishak Mekki dengan Herman Deru – Maphilinda Syahrial Oesman, KPU Sumatera Selatan harus cermat dan teliti dalam melakukan penghitungan manual untuk menentukan pemenang dalam pemilukada, guna menjaga situasi kondusif Provinsi Sumatera Selatan pasca pemilukada.

Berikut perolehan suara pasangan calon berdasarkan 100% suara masuk:

No Urut

Pasangan

Persentase

1

EDDY SANTANA PUTRA – ANISJA DJUITA

19,66%

2

ISKANDAR HASAN – HAFISZ TAHIR

11,32%

3

HERMAN DERU – MAPHILINDA SYAHRIAL OESMAN

33,00%

4

ALEX NOERDIN – ISHAK MEKKI

36,02%

Perolehan suara Herman Deru – Maphilinda Syahrial Oesman cukup besar mengalahkan suara Eddy Santana Putra – Anisja Djuita yang selama ini diprediksi akan menjadi penantang kuat Alex Noerdin – Ishak Mekki. Melihat hasil quick count, nampaknya menjelang pemilukada terjadi pergeseran suara dari Eddy Santana Putra – Anisja Djuita ke Herman Deru – Maphilinda Syahrial Oesman.

Terjadi akselarasi dukungan terhadap pasangan tersebut menjelang hari-hari terakhir pelaksanaan pemilukada Provinsi Sumatera Selatan.

Mengacu hasil quick count Indo Barometer, tingkat partisipasi pemilih (voter turn out) pada pemilukada Provinsi Sumatera Selatan sebagai berikut:

Partisipasi Pemilih

Persentase

SUARA SAH

66,22%

SUARA TIDAK SAH

2,89%

SUARA TIDAK DATANG

30,89%

Apabila dijumlah antara suara sah dan suara tidak sah, angka partisipasi pemilih sebesar 69,11%. Sedangkan suara tidak datang ke TPS sebesar 30,89%. Angka partisipasi pemilih di pemlukada Provinsi Sumatera Selatan relatif tinggi jika dibandingkan pemilukada provinsi lain, seperti Sumatera Utara dan Jawa Tengah. Angka partisipasi pemilih pemilukada Provinsi Sumatera Selatan hampir mencapai 70%.

Quick count Indo Barometer dilaksanakan di 350 TPS sampel yang diambil dari 16.579 TPS yang tersebar di 15 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan. Dari total pemilih (DPT) 5.825.765 pemilih. Dengan jumlah sampel sebesar itu, margin of error quick count adalah ± 1% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 99%.

Quick count menggunakan metode multi stage random sampling, yaitu metode acak bertingkat dengan mengambil sampel di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan,” tulis Press Release yang ditandatangani Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari, diterima BeritaBulukumbacom.

Laporan: CR15/Mj/PR