Kodong, Pasien KIS Rujukan Bulukumba Terlantar di Makassar

MAKASSAR,BB — Seorang pasien rujukan RSUD Sultan Daeng Radja Bulukumba bernama Masna (51) dikabarkan terlantar di Makassar. Kini Masna sedang dirawat oleh cucunya Suriani di sebuah kamar kos tak jauh dari kampus Unhas Tamalanrea.

Masna menderita penyakit kanker serviks. Menurut pengakuan Suriani, Masna terpaksa mencari kosan lantaran disarankan dokter jaga di RUSP Dr Wahidin Sudiro Husodo Makassar. Saat datang dari Bulukumba, Masna tak dapat dirawat di RS tersebut karena kamar fasilitas tanggungan KIS (Kartu Indonesia Sehat) sedang penuh. “Kata dokternya kamarnya penuh. Jadi disuruh mi cari kos dekat rumah sakit “ujar Suriani lewat sebuah video yang beredar di sosial media. Padahal tambah Suriani saat itu sudah tengah malam. “Tak ada keluarga juga,”sedihnya.

Meski kamar fasilitas KIS penuh, saat itu petugas RS menyarankan agar Masna masuk perawatan umum. “Jika masuk umum, kata petugasnya adaji kamar kosong,”ujar Suryani.

Foto by Andi Tenri


Belum ada konfirmasi dari pihak RSP Wahidin terkait masalah yang dihadapi keluarga dari Dusun Katangka, Desa Karama, Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba tersebut. Namun beberapa warga perihatin, setelah video dan gambar menampilkan Nasma sedang terbaring di rumah kos. “Kasihan semoga mendapat pertolongan dari Allah. AMIN,”tulis Ilham Ahmad diakun Facebook, Rabu 1 Maret 2017. (Foto Adhiel)