Gara-gara Salah Ketik di Data Center, Situs Global Tumbang Massal

Beberapa situs dunia dan lokal Indonesia tumbang pada awal pekan in atau awal Maret 2017. Bahkan situs sekelas Tokopedia, JD.id, Bukalapak turut offline gara-gara kejadian tak terduga itu.

Situs yang tumbang adalah web yang menggunakan Simple Storage Service (S3) milik AWS (Amazon Web Services). Adapun web yang yang bergantung pada jasa cloud dan data center AWS turut tumbang. Situs dunia yang tumbang seperti web sekelas Netflix, Spotify, Pinterest, Slack, dan Trello.

ternyata dibalik itu, pemyebabnya adalah sebuah typo alias salah ketik sewaktu tim maintenance melakukan debugging pada billing system. “Salah satu command salah dimasukkan sehingga jumlah server yang dimatikan lebih banyak dari seharusnya. Rangkaian server yang tak sengaja dimatikan itu menyokong dua subsistem S3 lain,” tulis Amazon seperti Beritabulukumba.com laporkan dari The Verge Sabtu (4/3/2017).

Meski awalnya sederhanaa, namun dampaknya luar biasa. Rangkaian server harus di-restart. Sehingga proses inilah yang memakan waktu lama. Layanan S3 Amazon sempat offline berjam-jam. “Rangkaian server dimaksud sudah “bertahun-tahun” tidak pernah di-restart,”ungkap Amazon.

AWS mulai offline pada Selasa (28/2/2017) lalu sekitar pukul 12:35 siang, waktu timur Amerika Serikat. AWS baru kembali pulih sekitar pukul 16:49 sore waktu timur Amerika Serikat di hari yang sama.