Google Meriahkan Ultah Taman Nasional Komodo dengan Kuis Doodle

JAKARTA,BB — Apakah Anda banyak tahu tentang Taman Nasional Komodo? Ayo uji pengetahuan Anda tentang Taman Nasional Komodo di laman utama Google Indonesia, Senin 6 Maret 2017.

Jika Anda membuka home Google.co.id, maka akan muncul doodle yang bertema Komodo. Animasi bergambar komoda itu dapat dimainkan. Terdapat lima pertanyaan yang akan diajukan dalam kuis tersebut. Anda akan diminta menjawab benar atau salah.

Dalam kuis itu terdapat pertanyaan tentang spesies komodo yang disebut kadal terbesar di dunia. Apakah benar komodo memiliki daya cium tajam. Ataukah apakah benar Taman Nasional Komodo berada di Kepulauan Galapagos.

Lokasi Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Komodo merupakan golongan kadal terbesar. Komodo dapat mencium mangsa hingga jarak 10 kilometer menggunakan lidahnaya yang bercabang. Kecepatan lari komodo ini memang tak seberapa dibanding dengan kuda. Menempuh jarak 20km paling cepat ditempuh dalam waktu 1 jam.

Tepat hari ini, merupakan hari ulang tahun ke-37 peresmian Taman Nasional Komodo. Hewan ini disebut sudah terancam punah. Diantara penyebab seperti akibat aktivitas vulkanis, gempa bumi, kerusakan habitat, kebakaran, kurang mangsa, meningkatnya pariwisata, dan perburuan gelap.