Ini Ragam Perayaan International Women’s Day 2017 di Makassar

Perayaan Hari Perempuan Internasional Rabu 8 Maret 2017 digelar dengan beragam cara. Tak hanya Google yang turut membuat doodle hari ini bertema ‘International Women’s Day 2017’.

Secara global, tema International Women’s Day adalah “Be Bold For Change”. Tema yang diprakarsai oleh PBB itu bermakna ajakan bersama, bersinergi, dan memberi apresiasi dan kontribusi perempuan untuk mendorong perubahan yang berkeadilan gender. Lima aktiivis perempuan muda Makassar berinisiatif menggelar festival perempuan.

Festival baru digelar 16 – 17 Maret 2017 mulai pukul 08 pagi sampai 10 malam. Kelima aktivis perempuan muda itu antara lain Tenri Pada AB, Nurmadhani Fitri Suyuti, Andi Tenripada, Qory Dellasera dan Andi Sri Wulandani. Festival ini digelar dalam berbagai rangkaian acara seperti bincang-bincang dengan pembicara pakar gender nasional dan lokal.

Kemudian juga akan digelar kelas berbagi yang menampilkan tokoh-tokoh inspiratif, kampanye dari lembaga dan komunitas yang peduli perempuan. Termasuk panggung seni dan komunitas serta festival perempuan akan dimeriahkan dengan adanya tenant kuliner, stan komunitas, book fair, dan fashion street. “Semoga festival perempuan ini memberi semangat baru dan menjadi inspirasi tidak hanya bagi perempuan namun juga seluruh masyarakat Makassar dan pengunjung yang datang”, ujar Koordinator Tim Kerja Festival Perempuan Bergerak, Vhera Alfiani.

Selain aktivis, Komunitas Pelari Merah Tanggal (Metal) Makassar juga akan menggelar lari bersama. Start dimulai di Anjungan Bugis-Makaassar Anjungan Pantai Losari, tepat pagi ini. “Di Hari Perempuan Sedunia kita menyelenggarakan dan mengajak untuk jogging bersama, khususnya kaum hawa yang ada di Kota Makassar,” kata Irawadi Saldi, Koodinator Pelari Metal Kota Makassar.

Tak cuma itu, perayaan International Women’s Day di Makassar juga diistimewakan oleh Hotel Aryaduta Makassar. Terdapat tawaran paket kamar, yaitu “Exclusive Woman Package” yang dibanderol Rp 750 ribu per malam dan Rp 1.350.000 untuk dua malam yang berlaku pada 8-12 Maret 2017 untuk tipe kamar superior. “Sudah include free minuman kesehatan, free es teler dari Chef Marinka menu, free sauna, dan free satu kotak cokelat praline,”kata Fahrunnisa, Public Relation Aryaduta Makassar.