Satu Pendaki yang Hilang di Kahayya Diduga Mahasiswi Stikes Bulukumba

BULUKUMBA,BB — Lima orang pecinta alam dikabarkan hilang di pegunungan Kahayya, Kecamtan Kindang, Kabupaten Bulukumba. Dari lima pendaki, seorang perempuan turut ikut untuk melakukan eksplorasi pesona alam Gunung Sapubintoeng itu.

Seorang warga Kindang, Marsan Manyur, sempat bertemu lima orang yang ingin mendaki di Sapabintoeng, Jumat 10 Maret 2017. Mereka terdiri dari empat laki-laki dan 1 perempuan. Marsan sempat berbincang lama dengan kelima pendaki tersebut. Perempuan itu menurutnya mahasiswi Stikes Panrita Husada Bulukumba.

“Iye kebetulan malam sabtu singgah di rumah titip motor terus sempatji ngopi sama-sama. Kami bicara panjang lebar setelah itu dia minta pamit sekitar pukul 20.30 rencana bermalam di bendungan sungai Balantieng,”kata Marsan.

Kelima pendaki ini sempat menitip tiga motor di rumahnya dekat Donggia, Dusun tabbuakang Desa Kahayya. “Katanya pagi-pagi sekali rencananya berangkat ke Sapubintoeng. Tujuan mengambil titik koordinat,”ungkap Marsan. Sejak pamit, Marsan tak berkomunikasi dengan pendaki itu hingga dikabarkan hilang, Minggu 12 Maret 2017.

Marsan menambahkan untuk mencapai puncak Sapubintoeng diperlukan perjalanan kaki kurang lebih 2,5 kilometer. Hanya saja selama perjalanan perlu hati-hati karena medan yang dilalui sangat menantang. “Banyak jurang di sisi kanan kiri jalur. Kalau salah jalur bisa saja terjebak di jurang,”katanya.

Berdasar laporan terakhir yang masuk ke BPBD Bulukumba, pendaki terpencar dua kelompok. Diantaranya ada yang mengalami luka-luka.