Hari Pertama USBN SMA Lancar di Bulukumba

BULUKUMBA,BB — Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMA dan SMK sederajat berlangsung lancar dan aman di Kabupaten Bulukumba, Senin 20 Maret 2017. Demikian dikatakan Hamsur Taha, Kepala UPT Pendidikan Dinas Disdik Sulsel untuk wilayah Bulukumba.

Menurut Hamsur Taha, USBN perdana itu digelar serentak di Indonesia. USBN pertama kali digelar tahun 2017 untuk memperbaiki mutu ujian sekolah. “Memang ini ujian sekolah sudah sejak 8 Maret tapi khusus soal sekolah. Mulai kemarin itu (20 Maret 2017) soalnya 25 persen dari pusat dan 75 persen dari provinsi,”katanya.

USBN ini menurut Hamsur Taha berbasis komputer dan tidak. “Ya ada yang menggunakan (komputer) ada juga tidak. Alhamdulillah hari pertama tidak ada kendala. Baik dari SMA atau SMK atau MKPPS,”ungkapnya.

Bagaimana tingkat kesulitan soal USBN SMA?. Salah seorang siswi SMA Negeri 1 Bulukumba, Khusnul Khatimah, yang ditemui beritabulukumba.com mengatakan tak jauh beda dengan ujian skolah. Menurutnya materi soal yang diberikan pernah dipelajari. “Saya berdoa saja semoga jawaban benar. Karena biasa dan pernah ada di pelajaran,”kata alumni Paskibraka Bulukumba itu.

Ujian USBN hari pertama adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Budi Pekerti (BP), Biologi untuk jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Sedangkan jurusan IPS mengujikan Biografi. Soal USBN terdiri dari pilihan ganda dan essai. Selain USBN, siswa tahun ini juga ikut Ujian Nasional (UN) pada April 2017. Keduanya akan mempengaruhi kelulusan SMA dan SNMPTN.