Download Putusan MK Sengketa Pilkada Sulsel 2013

Jakarta, BB - Inilah putusan lengkap MK tentang sengketa Pilkada Gubernur Sulsel 2013. Silahkan download 275 halaman.

Mahkamah Konstitusi (MK) telah resmi memutuskan menolak gugatan pasangan Ilham-Aziz (IA) sebagai Pemohon pada sengketa hasil Pemilukada Sulsel 2013.

Pada sidang pembacaan putusan pokok perkara  Selasa sore, 26 Februari 2013, MK menolak semua permohonan pihak IA.  Dalil-dalil permohonan tersebut menurut MK tidak bisa dibuktikan secara hukum.

Pihak pemohon tidak bisa membuktikan bahwa terjadi pelanggaran secara terstruktur, sistematis dan masif yang berpengaruh signifikan atau tidak terhadap perolehan suara.

"Oleh sebab itu, ukuran utama bagi sah atau tidaknya Pemilukada bukan hanya ada atau tidak adanya pelanggaran tetapi apakah adanya pelanggaran-pelanggaran itu bersifat terstruktur, sistematis, dan masif yang berpengaruh signifikan atau tidak terhadap perolehan suara,"ucap Mahfud MD saat membacakan putusan.

Sidang Pembacaan keputusan sengketa Pemilukada Sulsel dilakukan secara terbuka untuk umum di ruang sidang utama gedung MK. Hakim Konstitusi terdiri dari Moh Mahfud MD selaku Ketua merangkap Anggota, Achmad Sodiki, M. Akil Mochtar, Anwar Usman, Muhammad Alim, Maria Farida Indrati, Harjono, Ahmad Fadlil Sumadi, dan Hamdan Zoelva, masing-masing sebagai Anggota. Hakim didampingi oleh Sunardi sebagai Panitera Pengganti, serta dihadiri oleh kuasa Pemohon, Termohon dan Pihak Terkait.

Silahkan download putusan MK soal sengketa Pilgub di sini.

admin
No Response

Tinggalkan Komentar