Luwu Timur Kembali Berbenah Untuk Adipura Keempat

MALILI,BB - Jelang penilaian tahap pertama (P1) Adipura 2013/2014, hampir semua lokasi titik pantau Adipura masih dalam kondisi rawan.

Demikian hasil pemantauan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) di sejumlah titik di kota Malili.

Bahkan drainase sudah mulai ditumbuhi sedimen, dan beberapa lainnya kondisinya tersumbat, belum lagi indikator penilaian tahun ini semakin ketat sebab salah satu syarat meraih adipura mesti memiliki bank sampah dan pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Hal tersebut disampaikan Kepala Bapedalda Luwu Timur, Rosmiyati Alwi dihadapan para satuan kerja saat menyampaikan laporannya dalam rapat koordinasi persiapan P1 yang berlangsung di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Lutim.

Menurutnya, lokasi titik pantau harus segera dibenahi agar P1 yang dijadwalkan akhir September mendatang, poin penuh kembali bisa didapatkan, sehingga prestasi Adipura yang selama tiga tahun berturut-turut telah diraih dapat kembali dipertahankan.

Berkaitan dengan Bank Sampah, Rosmiyati mengatakan saat ini telah ada satu unit bank sampah yang berlokasi dibelakang Kantor Bapedalda dan kedepan, pihaknya akan menambah lagi lima unit bank sampah. “Dana hibah provinsi Sulawesi Selatan atas capaian kita terhadap Adipura senilai Rp 100 Juta, sebagian akan dialokasikan untuk membangun lima unit bank sampah di desa Balantang, Baruga, Kelurahan Malili, Puncak Indah dan Ussu” tandasnya.

Tidak hanya bank sampah, sebanyak lima unit motor bak sampah juga telah disiapkan, namun belum disalurkan karena menunggu sampai dibentuknya pengurus bank sampah di masing-masing desa.

Air Terjun Matabuntu Luwu Timur

Air Terjun Matabuntu Luwu Timur

Mengenai pengelolaannya, Rosmiyati dan pihaknya akan intens melakukan sosialisasi ke masyarakat.

“Pak desa, saya harapkan bantuannya untuk menghadirkan warganya dalam rangka sosialisasi ini nantinya” jelas Rosmiyati.

Asisten Administrasi Umum, Muhammad Zabur saat memimpin rapat tersebut meminta agar hasil yang telah dilaporkan kepala Bapedalda segera ditindak lanjuti masing-masing koordinator.

Laporan: Cr12/Ardi

Tags:
No Response

Tinggalkan Komentar