Bulukumba Dapat Subsidi Benih Padi dan Jagung Rp 3,6 M

Sosialisasi benih bersubsidi / Foto Humas BulukumbaSosialisasi benih bersubsidi / Foto Humas Bulukumba

BULUKUMBA, BB - Tahun anggaran 2013 ini, petani Bulukumba mendapatkan benih padi bersubsidi 445 ton dari Kementerian Pertanian.

benih tersebut akan digunakan di lahan pertanian seluas 18 ribu hektar di seluruh wilayah Kabupaten Bulukumba.

Selain benih padi, bantuan subsidi ini juga berupa benih jagung sebanyak 15 ton. Keseluruhan nilai dari benih tersebut sebesar 4,8 milyar rupiah, dan disubsidi oleh pemerintah pusat sebesar 3,6 milyar rupiah, sisanya ditanggung atau dibeli oleh para petani.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian TPH, Harun di depan ratusan peserta Sosialisasi Benih Bersubsidi di Gedung JSN 45, Rabu (13/3). Peserta sosialisasi ini adalah para camat, kepala desa, lurah, penyuluh pertanian, dan para kelompok tani se-kabupaten Bulukumba.

Menurut Harun, dalam pembangunan pertanian, petani harus dilihat dari  beberapa hal yaitu petani sebagai sasaran pembangunan, bahwa kebijakan pertanian dilakukan pemerintah pusat sampai daerah adalah tentu bagi para petani.

Selanjutnya adalah petani sebagai pelaku atau penggerak pembangunan, serta petani sebagai pengguna hasil pertanian sekaligus penanggung resiko pembangunan pertanian. Olehnya itu, lanjut Harun melalui program benih unggul yang bersubsidi ini, diharapkan dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian dan kesejahteraan petani.

Pada kegiatan ini hadir sebagai narasumber dari Dinas Pertanian Pemprov Sulawesi Selatan, PT Pertani dan PT Sang Hyang Seri (SHS) sebagai rekanan pengadaan benih.

Adapun Sekretaris Daerah A Bau Amal saat membuka sosialisasi itu dengan resmi mengatakan bahwa pada tahun 2012 yang lalu Kabupaten Bulukumba telah mendapatkan penghargaan dari Presiden RI di bidang pertanian terkait Produksi Beras Diatas 5 Persen, sehingga Amal berharap kondisi tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

”Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak, khususnya para petani atas upaya keras yang telah dilakukan selama ini,"haturnya.

Laporan: Humas

author
News and editorial department. Akun untuk bagian pemberitaan dan pengeditan BeritaBulukumba.com. Punya info menarik dan kegiatan silahkan kirim via Email: beritabulukumba[at]gmail.com PIN BBM 2A4A08D2.
No Response

Leave a reply "Bulukumba Dapat Subsidi Benih Padi dan Jagung Rp 3,6 M"