Negara Ini Wajibkan Ibu Menyusui Bayi 2 Tahun

oleh

DUBAI,BB – Pemerintah Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) tak main-main dalam hal kesehatan bayi baru lahir. Kini UEA menerbitkan aturan yang mewajibkan para ibu di negara Timur Tengah itu untuk menyusui bayi.

Tak tanggung-tanggung para ibu wajib menyusui selama dua tahun. Jika tidak maka pasangan atau suami mereka dapat menuntut istrinya di jalur hukum. Peraturan ini terbit pada awal tahun 2014 sebagai salah satu dukungan terhadap hak asasi mendasar bagi bayi atau anak.

Loading...

“Ini memang bisa menjadi beban tambahan. Sebab, jika menyusui harus diatur hukum maka konsekuensinya akan ada kasus-kasus baru di pengadilan,” ujar Menteri Sosial UEA, Mariam Al Roumi. Memang, undang-undang ini dibuat berdasar hasil penelitian yang menunjukkan bahwa menyusui memberikan keuntungan tak hanya untuk sang bayi namun juga untuk memperkuat ikatan antara ibu dan bayinya.

Langkah pemerintah UEA ini tak serta merta mulus. Organisasi “Out of the Blues” sebuah organisasi yang berbasis di Dubai, menentang aturan ini. “Kami sangat sepakat bahwa menyusui bayi adalah hal terbaik¬† yang bisa dilakukan seorang ibu dan peraturan baru ini sangat baik serta sesuai dengan anjuran internasional,” kata kelompok itu dalam surat terbuka yang dimuat harian The National.

“Namun, banyak ibu baru yang menghadapi masalah pasca-melahirkan, sehingga menurut kami menegakkan undang-undang yang membuat seorang ibu berpotensi menghadapi hukuman, nampaknya merupakan langkah yang terlalu jauh,” tambah organisasi itu.

Organisasi itu pun mempertanyakan pihak yang akan bertanggung jawab untuk menentukan apakah seorang perempuan mampu atau tidak mampu menyusui bayinya.

Laporan: cr17 – Sumber zonabayi.com

Loading...