Erupsi Gunung Sinabung Menelan 14 Korban Jiwa

oleh

Karo,BB- Gunung sinabung di kabupaen Karo, Sumatra Utara pada hari Sabtu (01/02) kemarin kembali meluncurkan awan Panas. Akibat Luncuran awan panas dari erupsi Gunung Sinabung ini setidaknya ada sekitar 14 korban jiwa yang sedng berada di desaSukameriah, Kecamatan Payung. Korban yang tewas tak sempat menyelamatkan diri dari terjangan material panas tersebut dan tewas dalam kondisi terbakar. Selain memakan korban jiwa sejumlah wargapun terpaksa menjalani perawatan intensif karena luka bakar yang dialaminya.

Jenazah para korban yang tewas kini telah dievakuasi ke RSU Kabanjahe untuk memudahkan proses identifikasi.

Loading...

Korban yang tewas terdiri dari pelajar SMA dan SMK dari Kabanjahe, Mahasiswa dari Kutacane, Aceh, dan beberapa orang penduduk setempat serta warga Medan yang ingin melihat dari dekat kondisi Sinabung.

Jarak Desa Sukameriah sendiri dengan kawah Gunung Sinabung memang terbilang cukup dekat yaitu sekitar 2,7 km saja. Jika mengacu pada peringatan Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Jika terjadi erupsi dan awan panas, maka wilayah ini sangat berbahaya dan jadi desa pertama yang terkena efeknya maka darin itu Wilayah ini termasuk dalam daerah rawan yang harus dikosongkan dari penduduk.

Hingga kini Status Gunung Sinabung sendiri masih berada di level ‘Awas’, yang berarti lokasi radius 5-7 km dari kawah harus steril penduduk yang bermukim.

Loading...