Data Sementara 304 Bangunan Rusak

oleh

BULUKUMBA,BB – Musibah angin puting beliung memporak-porandakan sebagian wilayah kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, Sulsel Kamis sore 20 Februari 2014. Kurang lebih 304 bangunan rusak akibat bencana ini.

Dari informasi yang dihimpun BeritaBulukumba.com, angin kencang ini datang secara tiba-tiba pukul 16.30 WIB. Sekira 10 menit sebelumnya Warga juga dikagetkan dengan hujan deras padahal  cuaca di langit tampak begitu cerah. Rasmi, salah seorang warga Desa Paenrelompoe, tak kuasa menahan tangis saat mengingat kejadian tersebut. Apa lagi saat melihat rumahnya yang rusak parah akibat puting beliung.

Loading...

Rasmi menceritakan, saat kejadian ia tak mampu berbuat apa-apa. Untungnya masih berpikir untuk sembunyi bersama anaknya di bawah panggung rumahnya. Ia pun selamat dari maut, padahal sebagian isi rumahnya sudah terhambur. “Saya sembunyi bersama anakku di bawah rumah. Cuma itu yang kuingat karena takut sekalika ka kodong,”ungkapnya dengan nada sedih menggunakan logat Bugis Makassar yang kental.

saat berlari menyelamatkan diri, Rasmi sempat melihat gumpalan awan yang berbentuk kerucut di atas langit. Seng rumah pun ia lihat beterbangan dengan tinggi. “Saya lihat seng terbang kayak kertas. Bahkan banyak yang tersangkut di kabel listrik,”cerita Rasmi. Memang berdasar pantauan di lapangan, seng atap rumah warga banyak masih tersangkut di kabel jaringan tegangan tinggi di Desa paenrelompoa sesaat setelah kejadian.

Sejumlah posko darurat sudah dibuat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bagi warga. Hingga Jumat dinihari, BPBD mencatat kerusakan mencapai 304 banguanan terdiri dari rumah tinggal, masjid dan pabrik. Kerusakan parah terjadi di Dusun Bungeng dan Dusun Bolacippe’e Desa Paenrelompoe. Angin puting beliung ini juga merusak perkebunan warga. Tidak ada laporan korban jiwa atas peristiwa ini, sementara kerugian materi diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Laporan: cr17/Jabbar

Loading...