Pemkab Bantaeng Kunjungi UPT-PK Sragen

oleh

SRAGen,BB – Pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam hal ini Bupati Bantaeng HM. Nurdin Abdullah, Wakil Bupati Bantaeng HM. Yasin beserta sejumlah SKPD serta  Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sragen dalam rangka meninjau penyelenggaraan Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPT-PK) Kabupaten Sragen.

Kabupaten Sragen merupakan salah satu Kabupaten Kota dari 5 Kabupaten Kota di Indonesia yang memperoleh kategori sejahtera dari Kementerian Sosial RI yaitu Kota Payakumbuh, Kota Sukabumi, Kabupaten Sragen, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Berau. Sragen merupakan salah satu Kabupaten yang telah sukses menyelenggarakan Pelayanan secara terpadu dalam menanggulangi kemiskinan  melalui pendirian UPT. Penanggulangan Kemiskinan.

Loading...

Dalam kunjungan tersebut di sambut oleh Bupati Sragen Agus Fatchurrahman, Wakil Bupati Sragen Daryanto serta sejumlah SKPD yang terkait dengan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di Sragen. Dalam sambutannya Bupati Sragen menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dari Kabupaten Bantaeng dan BBPPKS Makassar dan kedepan menginginkan agar kedua kabupaten tersebut tidak hanya Bantaeng yang belajar dari Sragen tetapi Sragen pun harus belajar dari Kabupaten Bantaeng.

Lebih lanjut memaparkan bahwa sejak dilaunching 27 Mei 2012, banyak hal yang telah dilakukan UPT-PK. Anggaran penyelenggaraan Unit pelayanan Terpadu yang ada di Kabupaten Sragen bersumber dari dana APBN, APBD Propinsi, dan APBD Kabupaten melalui Kementerian dan Dinas teknis Kabupaten.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bantaeng menyampaikan pula apresiasinya terhadap pencapaian yang telah dicapai oleh Kabupaten Sragen melaui UPT-PK. Selanjutnya Bupati Bantaeng dengan didampingi oleh Bupati Sragen  meninjau langsung pelayanan yang dilakukan oleh UPT. PK “One Stop Service dan Online System”. Dilanjutkan dengan kunjungan ke Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal.

Bupati Bantaeng menyatakan ingin mengadopsi pelayanan yang dilakukan oleh UPT PK dan BPTPM. Meskipun dalam beberapa hal, misalnya pelayanan di bidang kesehatan Bantaeng lebih unggul karena telah menjadi percontohan Nasional. Dan beliau menyatakan akan mengirim pegawainya untuk beberapa waktu belajar di Sragen dalam rangka mempelajari sistem pelayanan yang telah diterapkan di Sragen.

Laporan: Riesa Meylani

Loading...