Profil Ustad Guntur Bumi, benarkah penipu?

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Benarkah Ustad Guntur Bumi atau akrab dipanggil UGB seorag penipu?. UGB menjadi buah bibir setelah dilaporkan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan praktik pengubatan yang diduga penipuan. Kini UGB disebut “Ustad Penipu” lantaran meminta sejumlah uang dan barang berharga milik “pasiennya”.

Adalah Hj. Yanelly (74) dan Nurcayati (94) yang pertama membongkar dugaan kedok perdukunan UGB. Mereka mengaku ditipu UGB dengan kerugian 32 gram plus pembayaran 1 juta rupiah (uang pendaftaran Rp500.000 perorang). Kerugian materi itu sebagai biaya pengobatan. Ustad Guntur Bumi menurut laman Wikipedia bernama lengkap Cilik Guntur Bumi Al Qurthubi, ST. Ia lahir di Semarang, 17 Februari 1982.

UGB memiliki nama asli Muhammad Susilo Wibowo. Ia sempat ikut acara reality show televisi berjudul Pemburu Hantu. Julukan Cilik Guntur Bumi diakui Susilo Wibowo diperoleh dari kyai besar yang juga mantan Presiden RI, almarhum KH Abdurahman Wahid (Gus Dur). Ia makin populer setelah menikahi artis, Puput Melati.

Guntur Bumi juga dikenal sebagai pemilik padepokan pengobatan alternatif, namun banyak pasiennya yang merasa tertipu dengan pengobatan alternatif tersebut karena tidak berhasil sembuh meskipun harus membayar biaya yang sangat mahal. Pengobatan alternatif Guntur Bumi juga pernah diterpa masalah pencatutan nama artis Manohara dan MUI untuk kepentingan komersil pribadinya.

Laporan: cr18/Jhe/Wikipedia – Foto iyaa.com-Merdeka.com

31 Komentar

  1. Wah benar sekali kata gusdur.. dijuluki guntur bumi…
    sekarang jawabannya ….guntur bumi betul… itu anak… bikin geger…. ngesruh bumi …..

  2. Modus nya, block stasiun TV, beri no telp, pasein telp akan dikejar terus oleh pegawai nya, jam berapa mau datang, posisi skr dimana, dimintai duit 7.5 jt per sekali dtg, kalau kurang ke ATM dikawal pegawai nya ber sorban

  3. untuk (yang ngakunya ustad) adhi dhipuro macan tidar(kakak kandung ugb)yang berpraktek di jalan tambra semarang(bekas t4 prakteknya ugb)yang lebih angkuh dr ugb.segeralah sadar dan berhenti berpraktek,daripada nasibmu sama dengan adikmu.kalau kalian ber 2 sampai dipemjara,kasihan ibu kalian yg sudah menjanda,sendirian dirumah ga da yg menemani.

  4. Ternyata bener…gw tambah neek melihat loe, Ternyata Ustadz berkedok dukun,berhati iblis sok suci loe…gk usah pakai simbol ustadz…smoga Allah akan melaknat loe..

  5. Astaghfirullah…bertobatlah hai anak manusia (UGB),dri dulu gw gk respect ama loe,dri komen loe mau mindahin makam Uje (ustadz yg gw kagumin). Loe berbicara dg lantang utk memindahkan makam beliau,sempat berpikir ” kok ada yaa manusia berhati iblis “

  6. pertama kali lihat UGB di salah satu saluran televisi…ada acara khusus UGB melakukan pengobatan, baca doa untuk yg menlpon sampai ditayangkan juga gambar-gambar belatung, lipan..setlah melihat tayangan demi tayangan UGB saya semakin tidak percaya UGB itu..akhirnya terkuak juga kebohongan itu..

  7. Yah namanya juga usaha x bro…tp dia masih amatiran tuh,klo mau tipu2 suruh belajar dulu tuh si ugb ma gue……hihihi

  8. Saya sungguh heran dengan pemberitaan Republika tentang seolah komplain pasien UGB untuk menhentikan kaderisasi Ustad muda, saya sarankan wartawan republika berpikir jernih…. mana ustad yang benar dan orang yang mengatasnamakan ustad untukmencari rejeki, kasihan reputasi republika…. empatilah pada orang-orang miskin dan jadi korban penipuan, jangan membabibuta membela islam tanpa melihat kenyataan.

  9. Assalamualaikum,
    Cerita versi ane juga ga jauh beda gan”
    tahun 2008, anak ane kejang-kejang lantaran pernah jatuh, dan ane disarankan untuk ke UGB yang buka lapak di daerah Pondok Indah, ane datang jam 6, berharap dateng duluan, trus bayar 50 ribu, meski dia nawarin CD seharga 100 ribu (mahal bener ada CD segitu) trus ditungguin sampai Zhuhur baru mulai salawat jam 13.00 dan naek ke lantai 2 buat di rukiyah, di rukiyah tengkuk anak ane ada kawat yg katanya kiriman orang + kelapa 2 butir, trus ane diterima asistennya buat bayar untuk biaya administrasi sebesar 1,5 juta, cuma ane ga punya uang sebanyak itu, akhirnya ane kasih 1 juta, trus diminta ke ruangan lain buat ambil obat, di dalam ane ambil obat dan disuruh sedekah 50 ribu, trus balik.

    dibawah, kata asistennya ane harus selesaikan pembayaran yg 500 ribu klo mau rumahnya dibersihin, ane bilang ane udah ga ada uang, paling di ATM (dalam hati “Sumpah ane ga punya uang”) yg ane heran, sampe UGB nya ga percaya sama ane, dia minta muridnya ikutin ane ke mesin ATM buat ambil uang, (akhirnya gw pinjem uang bos, dan minta di transfer detik itu juga)

    malamnya, muridnya UGB dateng untuk bersihin rumah ane, pake ritual yang sama dengan Pemburu hantu, berselang segitu anak di suruh minum obat, air , dan mandi pake air dari dia, tapi 3 hari belum ada perubahan juga. di kedatangan ke 2 atau 4 hari setelah kedatangan pertama, ane, anak istri, dan mertua sama bokap ane ikut serta ke sono, byr 50.000 trus suruh ngantri, masuk jam 5 sore, karena UGB nya juga baru dateng jam 16.00, setelah ketemu sama ust guntur, dan ane diminta ke asistennya dia, ternyata ane harus menyetorkan uang kembali 5 juta, untuk bayar paket obat.

    intinya, disana ane udah habis hampir 10 juta, secara logika, pengobatan Alternatif, berartikan memberikan kita Alternatif/solusi, klo ujung-2nya biaya nya lebih besar dari uang yg kita keluarkan untuk Dokter, bukan Alternatif namanya, sebelum ane lepas dari UGB, ane sempet juga cerita sama salah satu ulama di samping kantor ane yitu Dewan Dakwah, kata ulama tersebut, yg namanya pengobatan nabi, tidak pernah menargetkan biaya, apalagi membuat seseorang berhutang, dan ane diminta sholat Istikharoh buat keyakinan, dan ane sholat dan menemukan titik terang, bahwa pengobatan yg diberikan oleh UGB sangatlah tidak benar dan bukan “Syariat Islam”.

    Anak ane sekarang udah berusia 6 tahun, dan dengan pengobatan yg benar/medis serta terapi dll, alhamdulillah anak ane sembuh. jadi hati – hatilah atas seseorang yg mengatasnamanakan dirinya Ustad

  10. Ini cerita bener2 yg ku alami, Satu hari gw kesana trus kudu daftar dg biaya 500 untk daftar doang, klw gk kasih 500 rb gk d daftarin, setelah dibayar kami dapat 1 buah cd lagu2 rohani.
    Kami dpt antrian ke 4, kami duduk nunggu pasien no 1, no 2dan no3, kami punya pirasat ini seperti tidak benar karena kami perhatikan pasien no satu seperti bolak balik ke atm, kemudian keluarlah padien no 2 dia mengedipkan mata tethadap kami, semakin kuat dugaan kami lalu entah mengapa kami pingin membuka semua perhiasan yg kami gunakan kami copot dan dimasukin saku.
    Kemudia kami di panggil masuk kami kaget bener didalam ada banyak uang dan perhiasan di baskom semakin kuat dugaan kami bahwa ini tidak benar kami duduk di karpet trus kami suruh berdiri didepan pintu yg tidak ada karpetnya trus seperti diberi aliran listrik seperti di setroom listrik, katanya tenaga dlm, tp buat kami malah semakin yakin bahwa itu aliran listrik, karena klw di karpet aliran tersebut tdk mungkin nyetrum
    Kemudian perut kami di pegangin, rupanya dia nempelin cacing2,trus dia bilang ” lihat bu anda ini kena santet, klw gk diobatin anda bs mati di jalan, karena org yg nyantet anda tau klw snda kesini” tp sy tau itu cacing makanan burung yg biasa di jual , klw cacing yg jeluar dari perut itu padti kotor dan bau
    Sy semakin terpancing dan pingin tau, sy bilang “trusgimana pengobatannya”?
    Dia bilang kudu hatam alquan mlm ini juga trus motong hewan dg biaya paling murah kambing 5jt sapi 25 jt,
    Kami bilang” kami gk bw uang”
    Dia bilang” klw gk bawa uang transfer aja sekarang diantar ke atm sama staff sy”
    Kami bilang atm pun gk punya
    Dia bilang” perhiasan boleh tuh disini jg banyak perhiasa”
    Dlm hati saya yaallah ini jawabannya kenapa sebelum masuk sy kok pingin copot2 semua perhiasan.
    singkat cerita kami bilang semua yg diminta dia gk sanggup memenuhinya,
    Akhirnya kami dipersilahkan pergi. Setelah keluar kami ketemu dg pasien no 2 tadi dia cerita ternyata sama dg yg sy ceritakan

  11. ASS.buat umat islam kia harus percaya kepada ALLOH SWT,hanya DIA LAH TMPAT KITA MIMINTA dan mengadu tidak ada perwakilan,kita langaung secara batin<dan bahwa islam adalah agama yg logika,buat ustad UGB anda tidak pantas sebagai DAI<KARENA ANDA TLAH SIRIK<

  12. Sekarang guntur bumi yang baru terkuak kedoknya…sebentar lg si yusuf mansyur tuh…….
    Kita di beri akal dan fikiran oleh alloh untuk memilah dan berfikir mana yang baik dan mana yang buruk…

    1. untuk para santri yang jadi pelayan guntur bumi, sadarlah kalian itu juga ikut terlaknat, bayangkanlah keluargamu dikibulin seperti itu, berhentilah sebelum masuk ranah hukum, bukankah harta itu hanya untuk dunia, ingat barang siapa mencari dunia berkedok akhirat akan celaka, kalau saat ini masih berupa pemberitaan…itu cukup baik, coba bayangkan jika praktekmu diminta diperagakan oleh polisi…..sekali lagi jangan mabok dunia ustad.

  13. Kalau fenomena tentang adanya manusia yang di tubuhnya muncul paku, jarum dan logam dalam ilmu medis memang ada sejarahnya; dan fenomena itu sampai sekarang masih dianggap suatu misteri yang belum terpecahkan. Mengenai pengobatan alternatif yang mampu mengeluarkan benda-benda akibat santet dalam tubuh seseorang pasien/korban santet, rasanya untuk Indonesia hal tersebut masih bisa dicarikan alasan pembandingnya dari peristiwa nyata yang pernah ada di masyarakat. Namun yang patut disesalkan adalah mematok tarif yang yang tinggi atas jasa pertolongan yang diatasnamakan pada kekuasaan Sang Pencipta. Karena nilai ibadah yang seharusnya menjadi tujuan akhir dari peran seorang Ustad (guru agama) menjadi luntur karena lembaran uang yang fana.
    Namun dari pemberitaan peristiwa yang terjadi atas ustad Hariri dan ustad Guntur Bumi dapat pula dicurigai adanya suatu skenario pengrusakan citra oleh kelompok tertentu yang merasa kepentingannya tersaingi / dirugikan.

  14. Assalamualaikum…sya anjurkan untuk sahabat smuanya,ykinkan lah dri kita hanya kpada allah,jgn kpada sesama manusia,
    Utk ugb,allah lbih tau mna yg benar…mgkin allah tau ugb tdk tulus ikhlas dan tdk sesuia dngan omongannya,bahkan smpe menipu,memaksakan,mentargetkan biaya pngobatan.dsitu lah allah lbih benci,itu lah ugb yg pntas di sebut munafik,smoga allah melaknat dgn slaknat2nya.bgi saudara2 ku yg sudah tertipu,kembalikanlah smuanya kpada allah,krna allah lah hakim yg paling adil

    Skali lgi psen sya,jgn lah mdah prcaya dgn pngobatan2 alternatif,baik tu yg di tv atau bkan krna sbagian besar palsu..!! Apalagi hrus di target biaya2nya

  15. klau sadar skan kesalahan yg engkau lakukan segeralah kembali ke jaln yg benar,smg allah mengampuni kesyirikan yg tlh engkau lakukan,sesungguhnya allah maha tau

  16. jangan percaya pengobatan alternatip yg suka promosi di tv.ciri2 pengobatan alternatip penipu yaitu dgn meminta bayaran jutaan rupiah.

  17. Dari sekian komen yang saya baca terhadap peristiwa UGB, apa yang dilakukan UGB jika benar….sungguh sangat di luar nalar manusia….karena tidak berdasar pada kaidah kehidupan apalagi ingin dipanggil gelar ustadz, sungguh memalukan lagian pakai asesoris dan simbol-simbol keagamaan, seperti sorban dan yang dilantunkan ayat Alloh dan Hadits Rasullah SAW….Apa gak ngerti apa yang dikatakannya…Contoh misalnya tolong menolong itu dalam hal kebaikan ( bukan meminta, memeras, menipu ,membodohi dst..) . Pertanyaanya apakah meminta dengan memaksa itu baik ?, apakah membebani diluar kemampuan orang itu baik ?…. Maka nya Baca Al-Quran dengan baik dan artikan lalu amalkan atau laksanakan…bukan hanya untuk disimpan dikepala…oke deh semga ustadz-ustadz yang tidak menjadi mutabi’nya. …sekali lagi jika benar.

  18. kenapa dilaporkan ke MUI, rasanya nga ada hubungannya. lebih kalau dia penipu udah aja dilaporkan ke Polisi, penipu kan kriminal. udah praktek memburu hantu, perdukunan.ini ustadz menyimpang sekali yach dari ajaran agama Islam, kenapa juga dapat gelar ustadz….. mau-maunya diperdaya oleh orang konyol seperti dia……

  19. fpi…mana fpi….? berangus nih dukun,,SAMA dukun2 lainnya,,,KARENA SUDAH JELAS MENYESATKAN UMAT DGN PRAKTEK SYIRIKNYA…! JANGAN SAMPAI MURKA ALLOH LEBIH DAHSYAT LAGI MENIMPA UMAT (ULAH KEMAKSIATAN(PERZINAHAN MA KORUPSI) DI NEGERI INI. SEBAB UMAT YG LAINNYA JGA AKAN KEBAGIAN IMBASNYA(MURKA ALLOH) WASSALAM……

  20. hey dukun,,,, ente udah menyesatkan umat,,! semoga alloh melaknatmu dengan cepat, ane tantang ente duel biar cpet sampe di neraka alloh,,,dukun kya ente dan dukun2 lain yang berkedok ustad wajib di musnahkan karena menyesatkan umat…!…

  21. Yth UGB dan Keluarga : Kalau ada keluhan dari seorang kaum muslimin/muslimat yang merasa dirugikan dalam hal pengobatan yang berkedok dagang sapi ibarat praktek dukun yang tidak punya dalil agama islam sebaiknya uang itu dikembalikan karena sorban dikepala dan selendang dibahu itu akan runtuh/celaka dihadapan Allah swt kalau praktek pengobatan itu syirik hukumnya.Ulat/blatung keluar dari kepala – paku dan benda asing keluar dari tubuh manusia itu perbuatan setan dan jin. Para pasien yang pernah keluar paku – ulat supaya bawa ke MUI minta dibuktikan/ diper lihatkan didepan umum. Sesungguhnya Allah swt yang memiliki hal yang ghaib dan yang nyata didunia ini bukan manusia. Salam

Komentar ditutup.