Puluhan CPNS Palsukan SK Pengangkatan K2

oleh

TANGSEL, BB – Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Tangsel menemukan dugaan pemalsuan Surat Keterangan (SK) sebagai syarat administrasi yang harus dipenuhi para tenaga Honorer K2 untuk diangkat jadi PNS.

Seperti yang dilansir dari LIRA, hingga Minggu (23/2) kemarin,  CPNS yang lolos dari jalur K2 ditengarai bermasalah diduga kini berjumlah 25 orang. Modusnya mereka memalsukan SK pengangkatan untuk dapat ambil bagian dalam seleksi CPNS melalui jalur K2 2013 lalu.

Loading...

“Modusnya, mereka memalsukan SK pengangkatan mereka dan langsung menjadi honorer K2,” terang Sekot LIRA Kota Tangsel, Muhammad Acep, kepada INDOPOS (JPNN Group).

Dikutip dari JPNN, Muhammad Acep yang selaku Sekot LIRA Kota Tangsel mengatakan bahwa hasil investigasi LIRA atas aduan masyarakat tersebut menemukan, para honorer K2 tersebut rata-rata baru bekerja 2 tahun. Namun, mereka dinyatakan lolos CPNS dari jalur K2. Padahal terangnya, syarat administratif pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS, sekurangnya lima tahun sudah mengabdi.

Acep mengatakan akan mengirimkan surat ke Kemenpan dan RB dan Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Tangsel untuk meminta data-data ke-25 orang tersebut.

“Kami tidak main-main soal ini. Kami akan usut tuntas dan mempidanakan mereka yang diduga memalsukan SK. Mana mungkin, baru bekerja dua tahun tapi sudah dapat lolos CPNS dari jalur honorer K2,” ujarnya.

Bagi CPNS yang melakukan pemalsuan masa kerja honor akan ketahuan saat verifikasi ulang. Karena beberapa item lampiran akan diperiksa. Di antaranya daftar kehadiran mengajar (honor, Rd) di sekolah. Jika CPNS tidak bisa membuktikan, akan dianulir dari CPNS.

Loading...