Waspada Flu Pancaroba, Ini Tips Mengatasinya

oleh
BB,- Cuaca di sekitar kita belakangan ini sedang tidak menentu. Terkadang udara terasa panas menyengat,  terkadang pula hujan turun, suhu tiba-tiba berubah menjadi dingin. Musim pancaroba seperti inilah banyak orang yang kemudian rawan terserang berbagai penyakit.

Musim pancaroba seperti ini banyak mengundang munculnya penyakit tertentu. Biasanya penyakit yang kerap muncul yaitu flu, rematik, dan diare serta demam berdarah.

Loading...

Saat musim pancaroba daya tahan tubuh menurun seiring dengan cuaca yang panas dingin serta hembusan angin bisa membuat tubuh dalam kondisi labil. Sehingga mudah terinfeksi virus influenza.

Flu merupakan suatu kumpulan gejala yang disebabkan peradangan selaput lendir atau mukosa hidung dan tenggorokan. Penyakit ini disebabkan oleh agen infeksi yang umumnya adalah virus dan juga bakteri.

Menurut  dr. Daniek Suryaningdyah, yang merupakan Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kota Surabaya bahwa untuk mencegah agar tidak terserang virus influenza, maka yang perlu dilakukan yaitu selalu menjaga kebersihan, pola hidup bersih dan sehat, selalu cuci tangan setelah melakukan aktifitas, dan jangan lupa untuk selalu mengoptimalkan ventilasi rumah untuk sirkulasi udara dan juga cahaya. Jika ada yang sakit segera untuk diobati agar tidak menular keanggota keluarga yang lain.

Untuk waspada terhadap penularan virus influenza hendaknya memakai masker agar tidak mudah tertular, istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tidak turun, makan yang banyak agar tidak mudah sakit dan minum vitamin menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

IIustrasi foto Shutterstock

Loading...