Inilah Cincin Kontrasepsi Pencegah HIV

oleh

BB,- Banyak pasangan suami -istri yang tidak suka memakai alat kontasepsi, seperti kondom laki-laki ataupun perempuan. Tapi kini ilmuwan menawarkan alat kontrasepsi baru.

Alat kontrasepsi ini bisa melepaskan obat anti-retroviral (ARV), obat untuk herpes, serta bisa digunakan dalam jangka waktu tiga bulan. Bukan hanya itu, Alat kontrasepsi ini tentunya lebih nyaman digunakan.

Loading...

Publikasi tentang cincin “ajaib” ini bisa dibaca di jurnal PLOS One. Patrick Kiser dari Northwestern University adalah salah satu yang terlibat dalam riset ini.

Bentuk alat kontrasepsi ini memang seperti cincin. Untuk memakainya, cincin itu harus dimasukkan lewat vagina. Cincin kontrasepsi ini menawarkan perlindungan pada dua macam virus, yaitu HIV dan herpes, tetapi tidak pada penyakit menular seksual lain, seperti sifilis dan gonorhoe.

Penelitian hingga menghasilkan alat kontrasepsi ini terbilang tak mudah. Tantangannya besar karena jenis senyawa anti-HIV dan herpes yang berbeda.

Kiser seperti dikutip situs web IFLScience.com, Kamis (6/3/2014) mengatakan Perbedaan antara dua obat besar, yang menghadapkan mereka pada tantangan dalam mendesainnya. Tenovoir (salah satu jenis ARV untuk HIV) sangat mudah larut dalam air, sementara lenonorgestrel (untuk herpes) tidak larut dalam air. Dosis harian antara keduanya juga berbeda. Cincin melepaskan 10 miligram tenovoir, tetapi hanya 10 mikrogram lenovosgestrel.

Saat ini, cincin dirancang untuk melepaskan dosis tenovoir dan lenovosgestrel yang lebih kecil daripada dosis oral karena obat akan langsung bekerja pada target transmisi.

Peneliti mengatakan, kontrasepsi ini harus disimpan pada suhu 37 derajat celsius maksimal selama lima tahun. Namun, tantangan penyimpanan juga dihadapi di daerah tropis.

Sumber Foto: Northwestern University

Loading...