Warga Polewali Tutup Jalan ke TPA

oleh

BULUKUMBA, BB– Sejumlah warga di Desa Polewali, Kecamatan Gantarang, Senin, 10 Maret, menggelar aksi demonstran dengan menutup akses jalan yang di desa tersebut. Akibatnya, jalanan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tidak bisa dilewati sementara waktu.

Jenderal lapangan, Zulkarnain Majid mengatakan aksi ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan masyarakat terhadap kondisi jalan yang rusak yang hingga kini belum juga diperbaiki. “Kami kecewa sama pemerintah, kenapa jalan di desa ini tidak pernah diperbaiki padahal tiap hari
dilalui kendaraan pengangkut sampah menuju TPA yang berlokasi di desa ini,” ujarnya.

Loading...

Jika tidak kunjung diperbaiki, kata Zulkarnain, masyarakat akan menutup menutup akses jalan dalam waktu yang tidak ditentukan. Hingga pemerintah memeberikan kepastian, kapan jalan tersebut akan dibenahi. Sebagai konsumen oleh negara berdasarkan pasal 273 UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan sebagai dasar hukum yang mengatur tentang terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan jalanan yang rusak.

“Ini komitment masyarakat karena banyak pengendara di daerah ini yang sering jatuh akibat jalan yang rusak. Dan ini memang perlu dilakukan agar pemerintah serius menangani persoalan ini,” katanya. Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Polewali, Nurpin mengatakan jika
akses jalan tersebut memang sudah rusak sejak belasan tahun lalu namun kali ini kerusakannya sudah parah. Jalan tersebut menghubungkan dari kota Bulukumba ke Desa Bukit Tinggi dan beberapa desa lainnya. “Ini memang bukan jalur utama tapi jalur alternatif ini banyak dilalui masyarakat karena jarak tempuh yang lebih dekat,” jelasnya.

Sekedar untuk diketahui, di desa yang memiliki kurang lebih 2000 kk ini ada dua dusun yang belum menikmati penerangan listrik. Dusun tersebut masing-maisng separuh dari Dusun Macinna dan Dusun Ponci.

Laporan: cr17/Anjar S Masiga

Loading...