Pesawat Naas MAS MH370 Dicurigai Jatuh Di Thailand Selatan

oleh

KUALA LUMPUR, BB – Nasib pesawat naas MAS MH370 sampai sekarang belum diketahui keberadaanya. Namun, Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) menyatakan sebuah pesawat terbang yang tidak dikenali tertangkap radar di ruang udara Selat Malaka selepas penerbangan MH370 gagal tertangkap radar pada Sabtu (8/3/2014).

Tan Sri Rodzali Daud yang selaku Panglima TUDM menjelaskan, pesawat yang belum dikenali itu mungkin pesawat Malaysia Airlines System (MAS) yang dijadwalkan terbang ke Beijing.

Loading...

Pada konferensi pers, Kamis (13/3/2014), Marsekal Rodzali Daud mengatakan, dia tidak memastikan bahwa pesawat itu adalah MH370. Saat mereka sedang sedang bekerja sama dengan sejumlah pakar untuk mencari kebenarannya.

Pada Sabtu pagi, selang kira-kira 45 menit setelah MH370 raib dari layar monitor NATCC. Pesawat misterius itu tertangkap radar menara militer pada pukul 02:15.

Radar tentara Malaysia menangkap pesawat yang tidak dikenal tersebut pada posisi kira-kira 320 kilometer di barat Pulau Pinang, di Selat Malaka. Pesawat misterius ini terbang pada ketinggian sekitar 29.500 kaki (mendekati 9 kilometer) di atas permukaan laut.

Marsekal Rodzali juga menjelaskan Badan Penguatkuasaan Maritim Malaysia kini dikerahkan ke selatan Thailand dan Laut Andaman.

Seperti dilansir di Malaysia Kini,  Pihak otoritas Malaysia masih belum memastikan lokasi sebenarnya hilangnya pesawat itu untuk melakukan operasi penyelamatan. Juga belum ada kepastian mengenai nasib pesawat nahas MH370 itu. Arah tujuan penerbangan juga belum dipastikan, meskipun terjadwal dari Kuala Lumpur sedang mengarah ke Beijing.

Jika memang betul pesawat misterius itu adalah penerbangan MH370, maka pengumuman baru ini menunjukkan bahwa pesawat ini memutar haluan ketika berada di ruang udara Vietnam.

Posisi 320 kilometer di barat laut Pulau Pinang kira-kira pesawat tersebut berada di selatan Phuket, Tailand.

Sementara Indonesia dan Thailand sebelum ini menyatakan bahwa radar militer dua negara ini tidak menangkap pesawat misterius di ruang udara kedua negara tersebut.

Sumber Foto: Malaysia Kini

Loading...