Ini Alasan Panselnas Belum Keluarkan Pengumuman Untuk 80 Ribu Honorer K2

oleh

JAKARTA, BB – Pengumuman CPNS K2 memang penuh kontroversial. Sampai saat ini masih ada sekitar 80 ribu honorer kategori dua (K2) belum diumumkan kelulusannya oleh Panselnas. Mereka tersebar di delapan instansi pusat dan tiga daerah (Papua, Papua Barat, Maluku).

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Setiawan Wangsaatmadja di kantornya, Kamis (13/3), mengatakan masih ada 80 ribuan honorer K2 yang sementara divalidasi datanya. Karena data yang dicek and ricek sangat banyak, itu yang menyebabkan pengumumannya belum keluar.

Loading...

Proses Validasi ini menurut Setiawan dilakukan untuk mengetahui honorer bodong atau palsu. Pada pengumunan Februari lalu, hampir seluruh instansi pusat dan daerah terungkap adanya honorer siluman.

Setiawan juga mengatakan bahwa pengumuman K2 yang lalu jumlah honorernya tidak terlalu banyak. Akan tetapi masih ada saja honorer palsu yang didapat. Apalagi pengumuman delapan instansi pusat ini, jumlah honorernya sangat banyak. Apabila tidak dilakukan “bersih-bersih” tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak jumlah honorer palsu yang didapat nantinya.

Untuk meminimalisir kemunculan honorer bodong dalam daftar kelulusan, menurut Setiawan, pemerintah melibatkan pimpinan masing-masing instansi. Para pejabat pembina kepegawaian (PPK) diberikan kesempatan untuk melihat penyebaran data honorernya. Setelah itu ditentukan apakah honorer benar atau siluman seperti dilansir di JPNN.com

Loading...