Kini PSK Merajalela di FB

oleh

JAKARTA, BB – Sebuah komplotan prostitusi yang menggunakan situs jejaring sosial Facebook mencari pelanggan akhirnya dibekuk.  Mereka yang dibekuk adalah Sukril (53) alias Papi, Saryo (25) dan Agung Setiawan (34).

Mereka diketahui menawarkan perempuan PSK melalui akun facebook Andi Hotel Room Jakarta sejak Maret 2013. Kombes Pol Rikwanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya menjelaskan penangkapan ketiganya dilakukan setelah petugas memancing mereka untuk bertransaksi di hotel yang ditentukan.

Loading...

Rikwanto menjelaskan mereka menggunakan akun facebook Andy Hotel Room Jakarta untuk menarik pelanggannya. Di akun facebook itu, mereka memajang puluhan foto perempuan dewasa dan perempuan dibawah umur atau anak-anak yang mereka tawarkan kepada para pria hidung belang.

Akun facebook Andy Hotel Room Jakarta adalah milik tersangka Agung Setiawan. Selain mencari pelanggan, dia juga berperan merekrut perempuan muda untuk dijadikan PSK bersama Sukril dan Saryo.

Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Kamis (13/3/2014) juga mengatakan informasi mengenai prostitusi di akun facebook itu cukup lengkap. Mulai dari tarif serta perempuan yang ditawarkan, serta nomor telepon milik mereka yakni tersangka AS.

Di akun tersebut tarif sekali kencan atau short time adalah Rp 800.000 dan tarif long time Rp 2.000.000 hingga Rp 2.500.000. Menurutnya penangkapan dilakukan setelah petugas menyamar dengan memesan perempuan kepada mereka.

Setelah terjalin kesepakatan,  transaksi prostitusi dilakukan di salah satu hotel di kawasan Tanjung Karang, Jakarta Pusat. Ketiga pelaku datang bersama dengan 6 perempuan muda yang ditawarkan. Setelah masuk ke dalam hotel, mereka langsung dibekuk dan diamankan oleh petugas.

Akibat perbuatanya, para pelaku akan di jerat pasal berlapis yakni Pasal 506 KUHP tentang mengambil untung dari pelacuran perempuan, Pasal 296 KUHP tentang pencabulan dan Pasal 1 ayat 2 Jo Pasal 12 Jo Pasal 13 ayat 1 UU RI Nomor 21 tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan manusia. Ancaman hukuman maksimal dari 3 pasal tersebut mencapai 12 tahun penjara.

Loading...