Calon anggota DPD Sulsel Kasmawati Basalamah dicoret KPU

oleh

JAKARTA,BB – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi mengeluarkan Kasmawati Basalamah dari daftar calon anggota DPD RI Provinsi Sulsel. Calon senator ini seperti diberitakan kpu.go.id, masuk sebagai salah satu dari 35 calon DPD di Indonesia yang didiskualifikasi KPU, Sabtu 15 maret 2014.

Pembatalan tersebut merupakan sanksi karena para peserta pemilu tidak menyampaikan laporan awal dana kampanye sampai batas yang ditentukan. Sejak mencalonkan diri, dokter yang juga alumni Universitas Hasanuddin ini sudah getol melakukan promosi. Ia pun mengusung semboyang “Dokter Kita” dalam memperkenalkan diri ke warga Sulsel.

Loading...

Selain membatalkan 35 calon anggota DPD, KPU juga mendiskualifikasi partai politik pada 25 kabupaten/kota sebagai peserta Pemilu Tahun 2014.  Memang, sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pelaporan Dana Kampanye Peserta Pemilihan Umum Anggota  DPR, DPD dan DPRD, Pasal I angka 5 menyebutksn, “Dalam hal pengurus Partai Politik Peserta Pemilu pada setiap tingkatan dan calon anggota DPD tidak menyampaikan laporan awal Dana Kampanye kepada  KPU/KPU Provinsi/KPU Kabupaten/Kota sampai batas waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 ayat (5), Partai Politik dan calon anggota DPD yang bersangkutan dikenai sanksi sebagaimana diatur dalam Peraturan Perundang-undangan tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD”.

Laporan: cr19/MJ

Loading...