Tak Tertib, KPU Mencoret 6 Parpol di 25 Kab/Kota

oleh

JAKARTA, BB – Sebanyak 6 parpol di 25 kab/kota dan 35 caleg DPD RI yang dicoret oleh KPU. Hadar Nafis Gumay yang selaku Komisioner KPU mengatakan didiskualifikasinya sejumlah caleg itu tidak berpengaruh pada surat suara yang sudah dicetak.

Hadar Nafis Gumay usai rapat DPT di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakpus, Senin (17/3/2014) mengatakan yang akan mereka lakukan adalah mengumumkan kepada pemilih khususnya ada surat resmi diturunkan ke TPS-TPS nantinya bahwa partai ini tidak jadi peserta pemilu maka calonnya otomatis tidak ada lagi. Meskipun foto Caleg tetap ada di surat suara, dia tidak lagi memenuhi syarat. Info ini akan disampaikan agar masyarakat tak memberi suaranya kepada caleg yang dicoret.

Loading...

Hadar juga mengatakan kalau ada pemilih yang mencoblos pada caleg yang sudah didskualifikasi maka suaranya dianggap tidak sah. Begitu juga pada kolom parpol. Namun Hadar mengatakan, kepastian bahwa caleg benar-benar didiskualifikasi adalah jika mereka tidak mengajukan gugatan kepada Bawaslu.

KPU tidak akan melarang caleg DPD atau caleg pada parpol yang dicoret untuk berkampanye, karena masih bisa menggugat ke Bawaslu. Kecuali si caleg sudah terima diskualifikasi dan akui kesalahan tak lapor dana kampanye.

“Nanti Bawaslu nyatakan mereka memenuhi syarat, maka yang bersangkutan bisa terus. Kalau bawaslu nyatakan tidak, maka final dan mengikat,” ucapnya Hadar seperti dikutip di detiknews.com

Loading...