Tekuk New Radiant 3-0, Persipura kokoh di puncak klasemen Piala Asia 2014

oleh

JAYAPURA,BB – Dengan hasil skor akhir 3-0 melawan New Radiant, membawa Persipura Jayapura kokoh di puncak klasemen sementara Grup E AFC Cup 2014. Kini Mutiara Hita meraih 7 poin dari tiga laga.

Persipura Jayapura menunjukkan kedigdayaannya dalam persaingan di Grup E AFC Cup 2014. Tim Mutiara Hitam tampil gemilang dengan menggilas New Radiant 3-0 di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (18/3). Kemenangan ini membuat Persipura semakin kokoh di puncak klasemen Grup E dengan nilai 7 dari 3 laga. Tampil tanpa Boaz Solossa yang terkena sanksi akumulasi kartu kuning, Persipura mengandalkan Titus Bonai sebagai ujung tombak. Dalam mengemban tugasnya, Tibo disupport oleh pergerakan Ian Kabes, Manu Wanggai, Gerald Pangkali, Nelson Alom dan Jun Sik di lini tengah.

Loading...

Sebagai tuan rumah, para pemain Mutiara Hitam terlihat ingin menguasai lini tengah. Wanggai dan Jun Sik berupaya keras mendominasi penguasaan bola di lini yang sangat vital ini. Di sisi lain, tim New Radiant coba memberikan perlawanan, dengan mengandalkan kecepatan  mereka. Bahkan, saat laga memasuki menit ke-15, melalui sebuah serangan yang terorganisir dengan baik, New Radiant nyaris saja mencetak gol ke gawang Persipura. Beruntung, kiper Yoo Jae-Hoon masih mampu melakukan penyelamatan.

Pertandingan pun menjadi lebih terbuka. Para pemain tuan rumah berupaya terus memberikan tekanan ke pertahanan New Radiant. Di antaranya mengandalkan aksi Ruben Sanadi dari sektor sayap kiri. Ruben juga sempat memberikan ancaman, namun bola tendangannya masih  mampu diamankan kiper tim tamu, Imran Mohamed. Peluang terbaik dimiliki Persipura saat laga memasuki lima menit terakhir jelang waktu jeda. Pergerakan Titus Bonai di kotak penalty lawan dijegal oleh Shafiu, yang membuat wasit menunjuk titik putih.

Ian Kabes yang maju sebagai algojo, melaksanakan tugasnya dengan baik. Gol pada menit ke-43 ini membuat penonton di Stadion Mandala bergemuruh dan atmosfer pertandingan menjadi terus meningkat. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 1-0 untuk Persipura Jayapura. Di babak kedua, Persipura tetap mengambil inisiatif serangan. Keunggulan satu gol dirasa belum cukup, sehingga Ian Kabes dkk terus membombardir pertahanan New Radiant. Tak perlu menunggu waktu lama, Mutiara Hitam berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0, lewat gol yang dicetak oleh Immanuel Wanggai pada menit ke-63. Gol Wanggai tak lepas dari peran Ian Kabes yang memberikan umpan kepadanya.

Unggul dua gol, dan semakin menurunnya stamina pemain New Radiant, membuat dominasi Persipura kian terasa. Pertahanan klub asal Maladewa ini begitu kerepotan dalam mengantisipasi tekanan cepat skuad asuhan Jacksen F Tiago ini.

Immanuel Wanggai pun kembali menunjukkan kelasnya sebagai gelandang jempolan. Pada menit ke-68, Wanggai mencetak gol keduanya di laga ini, sekaligus membaw Persipura unggul 3-0. Berawal dari tendangan bebas Gerald Pangkali di sisi kiri, bola sempat dihalau bek lawan, namun bola yang masih berada di kotak penalty disambar Wanggai dengan shooting kerasnya yang merobek gawang Imran.

Ketinggalan dengan margin 3 gol semakin menyulitkan New Radiant untuk mengejar ketertinggalan. Hal itu semakin dipersulit dengan semakin enjoy nya para pemain Persipura dalam melakukan tekanan. Tuan rumah sempat beberapa kali punya peluang, diantaranya lewat Gerald Pangkali dan Tibo, namun belum berhasil menambah keunggulan. Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap tidak berubah, 3-0 untuk kemenangan Persipura.

Klasemen Grup E Piala Asia 2014:

Team Pld W D L GF GA GD Poin
Persipura Jayapura 3 2 1 0 6 1 +5 7
Churchill Brothers 2 1 0 1 3 2 +1 3
New Radiant 3 1 0 2 1 6 −5 3
Home United 2 0 1 1 1 2 −1 1

Laporan: cr18/Jhe – ligaindonesia.co.id – Wikipedia

Loading...