Caleg PKS divonis 6 bulan penjara setelah kedapatan bagi-bagi uang

oleh

BANDAR LAMPUNG, BB — Dalam pelaksanaan kampanye pemilu legislatif di Lampung, tercatat ada 150 pelanggaran terjadi. Bahkan satu di antara 150 temuan itu sudah menjadi tindak pidana dan telah dijatuhkan vonis oleh hakim.

Rabu (19/3/2024), Ketua Bawaslu Lampung Nazaruddin mengatakan satu calon anggota legislatif (caleg) yang berinisial ET melakukan pidana terjadi di Lampung Barat, dan sudah divonis. Caleg itu berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk DPRD Lampung dengan daerah pemilihan Lampung Barat.

Loading...

Nazaruddin mengungkapkan ketika itu ET berada di Lampung Barat mengumpulkan masyarakat untuk membagi-bagikan kartu nama dan membagikan uang Rp 50.000. Oleh Panwascam, Mereka ketahuan dan kemudian difoto.

ET mengancam Panwas setempat setelah ketahuan difoto. Dia menyuruh Panwas agar menghapus foto-foto tersebut sebelum keluar dari lokasi kampanye. Akhirnya, perkara tersebut dilaporkan kepada petugas Penegakan Hukum Terpadu kabupaten setempat.

Kemudian, kasus ini dinyatakan memenuhi unsur-unsur pelanggaran, kemudian diproses di kepolisian dan pengadilan negeri. ET dinyatakan bersalah dan menerima vonis enam bulan, dengan empat bulan masa percobaan.

Loading...