SEA: Microsoft ‘kenakan biaya’ data ke FBI

oleh

BERITABULUKUMBA,- Akun email Microsoft berhasil diretas oleh sekelompok peretas Syrian Electronic Army (SEA). SEA menemukan adanya surat tagihan yang dikirim Microsoft ke Badan Penyelidik Federal AS (FBI) dari beberapa surat-surat elektronik yang masuk ke akun email itu. Ternyata, Microsoft menarik biaya untuk setiap data miliknya yang hendak diinvestasi FBI.

SEA pun menyeberluaskan dokumen berformat PDF itu. Kira-kira berapa tarif yang dikenakan Microsoft kepada FBI untuk setiap data yang diberikannya ya?

Loading...

Harga data itu berkisar antara USD 50-USD 200 atau sekitar Rp 570 ribu-Rp 2,2 juta seperti dikutip The Verge. SEA mengungkap bahwa tagihan terakhir datang untuk bulan November 2013 lalu. Totalnya USD 145 ribu atau setara Rp 1,5 miliar.

Microsoft kepada The Verge, mengaku apa yang dilakukannya itu adalah hal yang wajar. Bahkan, hal itu sudah biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang data diminta pemerintah.

“Demi penegakan hukum, maka tidak ada yang luar biasa tentang hal ini,” menurut keterangan resmi Microsoft. Menurut, Microsoft biaya yang ditagihkan itu hanya sebagian kecil dari biaya sesungguhnya yang dikeluarkan Microsoft . Jadi, perusahaan itu tidak mengambil untung dari penagihan tersebut

Loading...