Aleix Espargaro konsisten tercepat di sesi latihan MotoGP Losail Qatar

oleh

LOSAIL, BB – Aleix Espargaro, pembalap Forward Racing Yamaha  membuat kejutan. Dia mampu menjadi yang tercepat dalam dua sesi latihan  MotoGP Qatar di Sirkuit Losail meskipun dia turun di open class. Dia mampu lebih cepat dari pembalap tim kelas factory, termasuk tim utama seperti Repsol Honda dan Movistar Yamaha.

Pada sesi kedua tadi malam WIB, Aleix tercepat dengan catatan waktu 1 menit 54,989 detik. Dia unggul 0,331 detik atas Andrea Dovizioso (Ducati) yang menjadi tercepat kedua. Duo Repsol Honda, Dani Pedrosa diurutan keempat dan Marc Marquez berada diurutan kelima.

Loading...

Pada Kamis malam waktu setempat, di sesi latihan pertama, Aleix juga tercepat dengan 1 menit 55,201 detik. Sama halnya dengan sesi kedua, pada sesi pertama Bautista menjadi yang tercepat kedua.

Sementara itu Yamaha terpuruk. Valentino Rossi hanya menempati urutan kesembilan, sedangkan Jorge Lorenzo menempati urutan kesebelas.

Lorenzo sebagaimana dilansir Crash mengatakan bahwa grip ban belakang sangat buruk. Motor seperti tidak memiliki kontrol traksi.

Kecepatan Aleix tidak terlalu mengherankan karena selama masa uji coba dia juga sangat cepat. Itu tidak terlepas dari spek motornya yang mirip motor tim kelas factory seperti Yamaha Tech 3.

Aleix menggunakan motor Forward Yamaha yang hanya beda fairing dengan YZR M1 yang merupakan tim kelas factory Yamaha.

Aleix bisa lebih cepat dari pembalap lain karena mendapat jatah ban lebih lunak serta kuota bahan bakar lebih banyak. Tentu, itu tidak terlepas dari skill hebat Aleix.

Saat ini Aleix sudah sangat nyaman dengan motor yang dia pakai. Sampai-sampai dia enggan mengganti sasisnya. Forward Racing memang sedang mengembangkan sasis sendiri. Karena sasis itu nantinya diberi nama FTR, proyek membuatnya adalah proyek FTR.

Sumber Foto: Int

Loading...