Hayya, Logistik Diangkut Kuda ke Kahayya

oleh

KINDANG, BBPemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur Sulawesi Selatan akan digelar  Selasa 22 Januari 2013 pekan ini.

Salah satu daerah yang sulit ditembus petugas Panitia  Pemilihan Kecematan (PPK) pada penyaluran logistik adalah Desa Kahayya, Kecamatan Kindang.

Petugas PPK dan TPS kini menyiapkan sejumlah kuda sebagai transportasi pengangkutan logistik  pemilu seperti kotak suara dan surat suara menuju Desa Kahayya. Rencananya logistik tersebut  disalurkan dari PPK Minggu 20 Januari 2012.

Ketua PPK Kecamatan Kindang Ahmad Taufiq membenarkan kendala infrastruktur menuju Desa yang  baru saja tertimpa bencana angin puting beliung itu. Untuk mencapai lokasi Desa kahayya  logistik harus diangkut beberapa ekor kuda.

Lanjut Taufiq, sekira 3 kilometer jalanan menuju Desa Kahayya sangat rusak dan berbukit.  Angkutan roda empat maupun roda dua juga sulit menembus medan yang sudah bertahun-tahun  dikeluhkan warga itu.
“Harus pakai kuda tidak bisa menggunakan mobil. Kalau dipaksakan bisa menggunakan mobil  Hartop,”kata Taufiq kepada BeritaBulukumba.COM Kamis 17 Januari 2013.

Demi keamanan dan kelancaran penyaluran logistik dibutuhkan peran aktif pemerintah daerah pada  penyaluran logistik ke Kahayya juga di desa lain yang terpencil di Kabupaten Bulukumba. Dari data PPK, tercatat 769 wajib pilih dari 2 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Kahayya.

Laporan: Tim Redaksi