Satelit Jepang temukan 10 puing diduga milik MAS MH370

oleh

Tokyo, BB – Sudah hampir memasuki minggu ke empat namun pesawat naas MAS MH370 belum ditemukan. Namun kini satelit Jepang yang digunakan untuk memata-matai Korea Utara menangkap sebanyak 10 obyek mengapung yang diduga puing pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370. Pihak Jepang pun sangat yakin bahwa puing tersebut berasal dari pesawat MAS MH370.

Cabinet Satellite Intelligence Center yang diwakili Shinichiro Maki mengatakan bahwa obyek-obyek yang tertangkap satelit pada Rabu (26/3) tersebut diduga kuat merupakan bagian dari MH370 yang hilang. Keyakinan ini merujuk pada lokasi dan kedekatannya dengan obyek temuan lainnya.

Loading...

Shinichiro juga mengungkapkan bahwa pihkanya masih belum bisa memastikannya, tapi obyek itu sangat mungkin merupakan puing-puing dari pesawat Malaysia.

Adapun ukuran obyek-obyek tersebut berbeda-beda. Yang paling besar berukuran sekitar panjang 8 meter dan lebar 4 meter. Sebanyak 10 obyek yang tertangkap satelit Jepang tersebut mengapung di lautan dalam area radius 10 kilometer dan berpusat pada 44 derajat, 17 menit Lintang Selatan dan 90 derajat, 56 menit Bujur Timur.

Jepang mengaku telah menyerahkan lokasi dan informasi terkait obyek tersebut kepada pemerintah Malaysia. Namun rupanya, foto satelit tersebut belum diserahkan ke Malaysia dan juga media karena alasan keamanan.

“Satelit tersebut dimiliki oleh pemerintah Jepang untuk tujuan keamanan dan foto-foto satelit tersebut tergolong sangat rahasia,” tutur Shinichiro kepada AFP.

Sumber Foto: AFP

Loading...