Ini dia kelemahan Jokowi sebagai Capres

1925 views

BERITABULUKUMBA.COM,- Jokowi saat ini sangat populer diperbincangkan untuk menjadi Capres. Di media massa Jokowi selalu menjadi topik hangat segala pemberitaan. Beberapa survei pun menempatkan Jokowi menjadi yang terpopuler untuk calon presiden 2014.

Bila dicermati secara seksama, Jokowi hanya jago memimpin kepengurusan pemerintah tingkat daerah saja. Sedangkan untuk tingkat kepemimpinan berskala nasional, Jokowi belum sampai dsana.

Emrus Sihombing, pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan seperti dikutip Kompas, menuturkan bahwa Joko Widodo (Jokowi) adalah bakal calon presiden yang tidak sempurna. Pengalaman Jokowi baru sebatas memimpin daerah dan belum mencakup skala yang lebih besar.

Lanjut menurut Emrus, sebagai Gubernur DKI Jakarta, prestasi Jokowi adalah mampu membenahi sejumlah pasar atau permukiman, serta melakukan beberapa terobosan di bidang birokrasi. Namun, ujar dia, ada tugas lebih berat yang menantinya dan harus disiapkan sedini mungkin bila Jokowi menjadi presiden.

BACA JUGA:   Pengunggah Foto Nikita-Presiden Ditangkap Karena Tulisan Ini

“Jokowi baru jagoan di daerah. Dibandingkan tugas presiden, itu tidak sulit karena hanya perlu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melayani publik,” kata Emrus, saat dihubungi, Senin (31/3/2014) malam. Adapun tugas presiden, ujar dia, lebih besar karena mencakup area yang lebih luas.

Emrus juga menuturkan selain harus meningkatkan kesejahteraan dan melayani masyarakat, seorang presiden juga wajib memiliki kemampuan mengelola konflik politik nasional. Di sini Jokowi belum berpengalaman. Misalnya saja bagaimana mengatasi separatis yang masih ada di Papua, atau di Aceh.

Untuk menutupi kelemahan tersebut, Jokowi harus berani mengakui kekurangannya dan berusaha melengkapinya dengan cara mencari sosok pendamping yang berpengalaman. Jokowi harus ditutup dengan Cawapres yang kompeten.

BACA JUGA:   Deklarasi koalisi PDIP, PKB dan NasDem resmi usung Jokowi

Capres Jokowi PDIP

Penulis: 
    author

    Posting Terkait