Tak mau salah pilih caleg? Cobalah berkunjung ke www.bersih2014.net

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA, BB – Bingung mau pilih caleg? Sekarang ini anda tidak perlu bingung lagi karena situs www.bersih2014.net yang dipelopori Indonesia Corruption Watch (ICW), KontraS, Walhi, TII, KPA, dan PSHK merekomendasikan 97 caleg yang dianggap bersih dan berintegritas.

Haris Azhar, koordinator KontraS menuturkan situs www.bersih2014.net sudah diakses sebanyak 5,87 juta kali hingga saat ini. Hal tersebut bisa ditafsirkan pentingnya informasi bagi publik mengenai siapa-siapa saja caleg yang dianggap kredibel, berintegritas, dan mempunyai rekam jejak baik.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Inilah caleg (Anggota DPRD) terpilih di Kabupaten Bulukumba 2014

Menurutnya, tingginya animo masyarakat yang mengakses situs ini dikarenakan adanya kemiskinan informasi untuk mengetahui caleg-calegnya. Ini juga merupakan kritik mereka kepada KPU yang tidak memberikan pendidikan politik.

Haris juga menuturkan nama caleg yang masuk dalam situs tersebut harus melewati beberapa tahapan kriteria. Seperti tidak pernah melakukan atau tersangkut kasus korupsi, membela penegakan Hak Asasi Manusia (HAM), dan peduli pada persoalan lingkungan serta hak-hak perempuan.

Menurut Haris dari 97 nama itu, 32 caleg untuk DPR RI, 10 calon DPD, 22 caleg DPRD provinsi, 29 caleg DPRD kota/kabupaten, dan empat caleg DPRD Aceh. Masih ada 30 nama caleg yang masih tahap identifikasi dan verifikasi.