Gempa dan tsunami Cile tewaskan 5 orang

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

CILE, BB – Pada  Rabu (2/4/2014) Gempa berkekuatan 8,2 skala richter telah mengguncang wilayah utara Cile dan beberapa wilayah di Amerika Latin, yang sejauh ini menewaskan sedikitnya lima orang, dan menyebabkan puluhan lainnya luka-luka, demikian keterangan resmi.

Dikutip BBC, titik pusat gempa terdapat di 86 km barat laut wilayah pertambangan di Iquique, dan hanya berada 10 km di bawah dasar laut, sehingga warga dapat merasakan goncangan gempa. Gelombang laut setinggi hingga 2.1 meter telah menghantam beberapa wilayah pesisir Cile, dan telah terjadi pemadaman listrik, kebakaran dan tanah longsor.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   BMKG: Gempa Bumi 5,2 SR di Bantul-Yogyakarta

Di sejumlah wilayah yang terdampak, puluhan ribu orang telah diungsikan ke tempat-tempat yang lebih aman. Siaran televisi Cile menayangkan kemacetan lalu lintas terjadi di wilayah terdampak karena kepanikan masyarakat untuk menyelamatkan diri.

Gubernur Iquique, Gonzalo Prieto mengatakan kepada media lokal bahwa selain menyebabkan korban tewas, beberapa orang mengalami luka parah. Sejumlah rumah dilaporkan hancur di wilayah Arica.

 

Pos terkait