KPU Bulukumba tugaskan KPPS koreksi undangan salah cetak

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA, BB – Kesalahan surat pemberitahuan pemilih di Kabupaten Bulukumba mencapai 50 persen atau sebanyak 164.812 lembar. Kesalahan cetak model C6 ini disebabkan pemberitahuan waktu pada hari pemilih yakni pukul 07.00 hingga selesai padahal sesuai aturan perundang-undangan, seharusnya ditetapkan pukul 07.00 hingga pukul 13.00.

Ketua KPU Bulukumba, Sudirjaya, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 2 April menjelaskan selembaran model C6 tersebut untuk pemberitahuan kepada pemilih untuk selembarnya akan dibagi kepada dua orang. Surat pemberitahuan untuk bagian atas sudah tepat namun bagian bawah yang bermasalah. “Ada dua surat pemberitahuan untuk selembarnya, saat kami sortir ternyata bagian bawahnya tidak memenuhi standar. Tapi kita segera mengambil solusi apalagi pemilihan semakin dekat,” ujarnya.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Inilah hasil quick count Pemilu Legislatif versi Kompas.com

Sesuai hasil kesepakatan pihak KPU, katanya untuk jalan keluarnya, kesalahan cetak pada waktu akan dicoret dan diganti seuai dengan waktu yang telah ditentukan. Agar tidak menjadi pekerjaan yang rumit ini akan dikerjakan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saat mengisi nama, alamat dan nomor pemilih di tingkat TPS. “Kita mencari jalan yang simpel, apalagi tidak menjadi persoalan ditingkat PPS karena pengisian dan pencoretan dilakukan sekalian. Makanya kami akan lakukan bimtek di tingkat PPK sampai ke tingkat PPS dan seterusnya,” tuturnya.

Sekedar untuk diketahui, ditingkat TPS jumlah pemilih maksimal hanya 500 orang namun umumnya di Bulukumba rata-rata pemilih berjumlah 200 hingga 300 orang setiap TPS.

BACA JUGA:   DCT Anggota DPRD Sulsel 2014 di semua dapil

Laporan: Anjar Masiga

Pos terkait