Yamaguchi-gumi, Yakuza terbesar Jepang luncurkan situs internet

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BERITABULUKUMBA.COM,- Yamaguchi-gumi, Yakuza terbesar di Jepang meluncurkan situs internet untuk memperbaiki citra dan merekrut anggota baru.

Pada halaman depan situs Yamaguchi-gumi, mereka menyambut para pengunjung dengan Basmi narkoba dan sucikan bangsa. Tersedia pula video yang menghadirkan anggotanya berziarah ke kuil-kuil dan menyanyikan lagu perusahaan. Di situs tersebut juga ditampilkan gambar-gambar yang memperlihatkan anggotanya membantu para korban bencana Fukushima.

Bacaan Lainnya

Yamaguchi-gumi merupakan kelompok yakuza -sama dengan mafia di Italia dan triad di China- yang tebesar di Jepang. Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan kriminal, pelacuran, pemerasan, maupun yang kejahatan yang terselubung di balik bisnis yang tampak berjalan biasa.

BACA JUGA:   Satelit Jepang temukan 10 puing diduga milik MAS MH370

Di Jepang sendiri keberadaan Yakuza bukan merupakan hal terlarang meskipun tindakannya bisa dikatakan kriminal. Yamaguch-gumi memiliki kantor pusat dengan para anggota seniornya memiliki kartu nama resmi.

Sebelum meluncurkan situs resmi, Yamaguch-gumi menerbitkan majalah untuk anggotanya yang antara lain berisi puisi, cerita tentang anggota senior yang sedang memancing, maupun pesan dari bos.

Menurut laporan polisi, keanggotan yakuza menurun dalam beberapa tahun belakangan dengan mencapai jumlah paling rendah sebanyak 60.000.

Para pengamat sendiri mengatakan bahwa langkah terbaru Yamaguchi-gumi ini sebagai upaya untuk menampilkan citra yang lebih bersahabat.

Sumber Foto: int

Pos terkait