Kapal China tangkap sinyal diduga kotak hitam milik MAS MH370

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

KUALA LUMPUR, BB – Pada Minggu (6/4/2014), sebuah kapal patroli China menangkap sinyal yang frekuesinya mirip seperti kotak hitam di perairan Samudera Hindia bagian selatan. Di sisi lain, pesawat Angkatan Udara China juga menemukan sebuah objek putih di dekat wilayah pencarian.

Kantor berita Xinhua menyebutkan, objek putih itu mengapung di wilayah pencairan sekitar 2.700 km dari Perth. Namun, penyidik belum menemukan hubungan antara sejumlah puing-puing yang terdeteksi. Namun, dua temuan itu diharapkan dapat memberikan harapan yang berbeda kali ini seperti dilansir CNN.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Pesawat Naas MAS MH370 Dicurigai Jatuh Di Thailand Selatan

Seiring dimulai pencarian bawah laut pada Jumat (4/4) kemarin, berbagai peralatan canggih, termasuk alat pelacak kotak hitam milik militer AS pun sudah diterjunkan. Pencarian terus dilakukan dengan melibatkan 10 pesawat militer, 3 pesawat sipil dan 11 kapal laut dari berbagai negara.

Armada tersebut menelusuri area perairan seluas 217 ribu kilometer persegi yang berjarak 1.700 kilometer barat Perth. Lokasi tersebut diyakini kuat sebagai lokasi jatuhnya MH370 yang membawa 239 orang di dalamnya.

Kapal China yang berhasil menangkap sinyal 37,5 kHz disebut-sebut mirip dengan frekuensi yang biasa dikeluarkan oleh perekam suara kokpit pesawat dan perekam data penerbangan. Walaupun sama, namun penemuan ini masih harus diselidiki lebih lanjut. Terlebih lagi hanya satu sinyal saja yang berhasil ditangkap.

BACA JUGA:   Doodle Google 14 Agustus 2021: Kisah Romantis Festival Qixi China

Sejumlah ahli juga tidak langsung percaya dengan penemuan itu. Mereka tidak berani memastikan sinyal itu terkait dengan pesawat Malaysia Airlines.