Polisi tangkap penipu yang mengatasnamakan Telkomsel

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BERITABULUKUMBA.COM,- Penipuan dalam bentuk sms kini marak terjadi. Seperti SMS yang berbunyi “Selamat, Nomor Anda Resmi Mendapat Hadiah dari PT Telkomsel sebanyak Rp 75.000.000. Untuk info lebih lengkap hubungi kantor pusat 085328222768 atas nama Drs H Heri”. Pernahkah anda mendapatkan sms semacam itu? Ternyata pengirim itu sehari-hari sebagai petani dan buruh pabrik yang saat ini ketiga pelaku meringkuk di penjara selama 4 bulan.

Terungkapnya kasus penipuan sms ini bermula Kasus bermula saat Santi, warga Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), menerima SMS pada 1 November 2013 lalu yang mengatakan bahwa dirinya mendapatka hadiah dari Telkomsel sebesar Rp 75.000.000. Atas SMS ini Santi lalu tertarik dan menghubungi nomor yang tertera di SMS tersebut.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Awal Maret 2020, Nissa Sabyan Tampil di Sidrap

Saat telepon-teleponan itulah santi diyakinkan bahwa dia adalah pemenang yang sah. Setelah itu Santi kemudian dihubungi oleh orang lain yang mengaku pimpinan PT Telkomsel. Dalam perbincangan tersebut kembali Santi diyakinkan oleh pelaku. Santi kemudian tergiur dengan hadiah RP 75 juta, meskipun kemudian Santi dimintai sejumlah uang untuk biaya administrasi.

Santi kemudian mentransfer uang ke nomor rekening BRI Cabang Season City Jakarta atas nama Abdul Latief sebesar Rp 4 juta. Selain itu, Santi juga mentransfer pulsa Rp 200 ribu ke operator Telkomsel palsu itu. Namun setelah uang ditransfer, ternyata janji hadiah Rp 75 juta tidak kunjung didapat.

Santi dalam kesaksiannya yang tertuang dalam putusan Pengadilan Negeri (PN) Sengkang yang dilansir di website Mahkamah Agung (MA), Sabtu (5/4/2014) berujar “Uang itu milik saya yang dikirimkan untuk membayar biaya administrasi atas hadiah yang dijanjikan ke saya.”

BACA JUGA:   Pengemudi Nekat Tabrak Polantas, Berpegang di Wiper Lalu Terseret 1 KM

Belakangan baru diketahui SMS itu ulah tiga warga Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) yaitu Sofyan (21), Kardi (25) dan Ramli (23).

Turut terlibat juga dalam kasus itu Lel Kemmang selaku pemilik nomor rekening. Komplotan penipuan SMS hadiah palsu itu diringkus polisi dan dihadapkan ke meja persidangan. Sayang, Lel Kemmang masih berkeliaran dan kini berstatus DPO.

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Sengkang yang terdiri Slamet Setio Utomo, Firmansyah Irwan dan Pipit Christa A Sekewael pada 30 Desember 2013 lalu menyatakan terdakwa I, II dan II telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan secara bersama-sama. Menjatuhkan hukuman kepada masing-masing terdakwa selama 4 bulan penjara.

BACA JUGA:   Petani Sidrap Dapat Hadiah Toyota Rush dari BRI

Sumber Foto: Int

 

Pos terkait