Inilah cara mencoblos yang benar atau sah

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Pesta demokrasi lima tahunan sebentar lagi digelar. APakah anda sudah tahu cara mencoblos yang benar atau sah? Berikut penjelasannya.

Sebenarnya penjelasan ini diungkap Komisi Pemilihan Umum (KPU) jauh hari sebelum Rabu 9 April 2014. Terdapat 15 cara mencoblos yang dapat dinyatakan sah. Dalam bilik pemungutan suara, kadang membuat kesalahan kecil namun hasilnya berujung pada batalnya suara yang diberikan.

Bacaan Lainnya

Pada prinsipnya, satu pemilih berhak untuk memberikan suaranya kepada satu caleg dan atau satu partai politik.  Surat suara dianggap sah oleh KPU apabila pemilih mencoblos dengan cara berikut:

  1. Mencoblos nomor urut, tanda gambar dan nama parpol, maka suaranya dihitung satu untuk parpol.
  2. Mencoblos nomor urut dan nama caleg, maka suaranya dihitung satu untuk caleg.
  3. Mencoblos nomor urut, tanda gambar, dan nama parpol serta pada kolom nomor urut dan nama caleg, maka suaranya dihitung satu untuk caleg.
  4. Mencoblos nomor urut, tanda gambar, dan nama parpol serta lebih dari satu nomor urut dan nama caleg dalam satu partai, maka suaranya dihitung satu untuk parpol.
  5. Mencoblos lebih dari satu nomor urut dan nama caleg parpol yang sama, maka suaranya dihitung satu untuk parpol.
  6. Mencoblos lebih dari satu pada satu nomor urut, tanda gambar dan nama caleg, maka suaranya dihitung satu untuk parpol.
  7. Mencoblos lebih dari satu kali pada nomor urut dan nama caleg pada satu parpol, maka suaranya dihitung satu untuk caleg tersebut.
  8. Ada garis di antara kolom yang memuat dua nomor urut dan nama caleg di satu parpol, maka suara dianggap sah untuk satu parpol.
  9. Ada garis yang memuat nomor urut dan nama caleg, maka suara dianggap satu untuk parpol.
  10. Ada garis yang memuat satu nomor urut dan nama caleg, maka suara dianggap satu untuk caleg.
  11. Mencoblos kolom abu-abu di antara nomor urut dan nama caleg pada satu parpol, maka suara dianggap sah satu untuk parpol.
  12. Mencoblos kolom abu-abu di bawah nomor urut dan nama caleg terakhir pada satu parpol, maka suara dihitung satu untuk parpol.
  13. Mencoblos kolom nomor urut dan nama caleg yang sudah didiskualifikasi, maka suara dianggap sah untuk parpol.
  14. Mencoblos kolom nomor urut dan nama caleg yang sudah meninggal dunia, maka suara dihitung satu untuk parpol.
  15. Mencoblos kolom nomor urut, tanda gambar dan nama parpol yang tidak memiliki daftar caleg, maka suara dianggap sah satu untuk parpol.
BACA JUGA:   Salah cetak, 6 juta undangan mencoblos dari pukul 07.00 "hingga selesai"

Jangan lupa berikan hak suara anda pada Pemilu Legislatif (Pileg) Rabu 9 April 2014 pukul 07.00 s/d 13.00 waktu setempat.
Laporan: cr19/Mj/KPU

Pos terkait