Ada “kampanye Jokowi” pada soal Bahasa Indonesia UN SMA di Jatim

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BONDOWOSO,BB – Ujian Nasional (UN) tingkat SMA yang digelar sejak Senin 14 April 2014 diduga menjadi bahan politisasi. Naskah soal Bahasa Indonesia yang memuat cerita Jokowi mendapat kritikan.

Dari informasi dihimpun BeritaBulukumba.com, soal tersebut berisi pertanyaan tentang profil singkat Jokowi yang sukses memimpin Surakarta dan DKI Jakarta. Teks tersebut juga memuat bahwa Jokowi adalah tokoh seni dan budaya. Ia dikenal paling bersih dari korupsi.  Biografi singkat Jokowi tersebut terdapat pada soal nomor 8 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kemudian dari pemaparan soal Jokowi para siswa lantas diminta untuk menentukan lima jawaban pilihan di bawahnya.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   200 Paket Soal UN Biologi Difotocopy di SMA 2

Komisi Perlindungan Anak Indonesia mengecam adanya cerita tentang Jokowi dalam naskah soal UN SMA. KPAI menilai adanya dugaan politisasi UN melalui soal Bahasa Indonesia. “Setelah melakukan telaah mengenai isinya, KPAI meminta adanya investigasi lebih lanjut, karena ini jelas terindikasi susupan kepentingan politik,” ujar Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh sepeti diberitakan Okezone.

Sementara itu, sejumlah netter menilai cerita soal Bahasa Indonesia itu merupakan fakta. Sehingga tidak perlu diributkan karena hanya mengganggu konsentrasi pelajar. “Biarlah masyarakat menilai. Jika bukan fakta toh siswa akan protes,”kata akun Amran di Facebook, saat menanggapi foto tentang soal tersebut.

Seperti diketahui, Joko Widodo atau Jokowi merupakan figur yang disebut bakal menjadi calon presiden dari PDI Perjuangan.

BACA JUGA:   Daftar Peringkat UN 2013, Siswa Bali Juara Tingkat Nasional

Laporan: cr19/MJ

Pos terkait