Ratusan massa kepung KPU Bulukumba

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Ratusan warga menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU Bulukumba,Sulsel, Jumat 18 April 2014. Aksi ini menuntut pemilu ulang karena diduga banyak pelanggaran.

Aksi demonstrasi ini dipicu oleh kekesalan warga atas penyelengggaraan Pemilu Legislatif (Pileg), Rabu 9 April 2014 lalu. Menurut pendemo, penyelenggaraan pemilu kali ini lebih banyak ketimpangan. Diantaranya kurangnya sosialisasi bagi penyelenggara tingkat kecamatan dan kelurahan atau desa. Sehingga diduga penyelenggaraan kurang mengetahui teknis penyelenggaraan. “Kami minta pemilu ulang di Bulukumba dan PAW semua anggota KPUD,”kata Irfan Salassa saat menggelar orasi.

Bacaan Lainnya

Diantara teknis yang dipertanyakan pendemo adalah penggunaan kertas C1 yang difotokopi. Kemudian kertas C2 yang ditemukan ganda di TPS. Hal inilah yang membuat pendemo geram dan menduga ada permainan untuk meloloskan calon tertentu. Aksi ini sempat ricuh saat pendemo memaksa masuk ke dalam gedung KPU. Untungnya puluhan aparat keamanan menghalau pendemo. Akibat aksi ini jalan Jendral Sudirman depan kantor KPU ditutup menggunakan pagar besi. Sebuah mobil water canon juga tampak bersiaga menyusul ancaman aksi lebih besar oleh pendemo.

Unjuk rasa ini berawal dari kedatangan massa pendukung calon anggota legislatif (Caleg) Partai Nasdem DPRD Bulukumba, Andi Nisma ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba. Massa yang meminta perhitungan ulang pada sejumlah desa di dapil Gantarang Kindang ini kemudian mendapat dukungan massa mengatasnamakan warga dapil lain yang ikut memerotes dan meminta pemilu ulang di Kabupaten Bulukumba.

  • Whatsapp