Enam partai gugat KPU Bulukumba

oleh

BULUKUMBA, BB– Enam partai di Kabupaten Bulukumba, yakni Gerindra, Golkar, PDIP, PKB, PPP dan Demokrat siap mengadukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena dianggap telah gagal menyelenggarakan pemilu.
Ketua Umum Gerindra, Sahruni Haris kepada media mengungkapkan laporan yang akan disampaikan pada DKPP atas dugaan praktek kecurangan penggelambungan suara yang terjadi di daerah ini. “Kami akan laporkan ini secepatnya karena penyelenggar pemilu tidak mampu mengatasi persoalan ini,” ujarnya.

Ini dilakukan karena bukti kecuranga yang telah dilaporkan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) telah ditindak lanjuti. Panwaslu pun telah memberikan rekomendai untuk penghitungan ulang suara namun hal tersebut tidak diindahkan di KPU. “Seharusnya kan ini rekomendasi tersebut dilaksanakan tapi karena Panwas tidak dianggap makanya tidak ada buka peti. Sedangkan data yang dimiliki panwaslu, KPU dan saksi itu tidak sama,” tuturnya.

BACA JUGA:   Hasil lengkap quick count Pileg 2014

Namun jika telah dilaporkan ke DKPP lantas KPU Sulsel tidak mengungindahkannya, maka keenam partai ini akan mendaftarkan gugatan ke Mahkama Konstitusi (MK). Indikasi kecurangan politik yang terjadi di Kabupaten Bulukumba kuat dugaan di Kecamatan Gantarang, Kindang, Bulukumpa, Rilau Ale. Bahkan data pembanding yang ada tidak sama. Ini disebabkan adanya permainan ditingkat penyelenggara.

 

Laporan: Anjar Massiga