Angka kematian ibu (AKI) masih tinggi di Jakbar dan Jaktim

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA, BB – Angka kematian ibu (AKI) memang merupaka suatu polemik tersendiri di Indonesia. Pada beberapa tahun belakangan ini angka kematian ibu sudah mulai menurun, akan tetapi ada juga daerah yang angka kematian ibu (AKI)) masih tinggi. Seperti Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Kedua wilayah ini memiliki angka kematian ibu (AKI) yang paling tinggi ketimbang wilayah lainnya di DKI Jakarta.

Dien Emawati, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (28/04/2014) mengungkapkan di Jakarta Timur dalam satu tahun ada 31 orang yang meninggal dunia, sementara di Jakarta Barat ada 22 orang meninggal setiap tahunnya.

Bacaan Lainnya

Secara keseluruhan angka AKI di Provinsi DKI Jakarta mengalami penurunan. Yaitu, 93 ibu meninggal dunia tahun 2013, mengalami penurunan sebanyak empat orang dari tahun 2012 sebanyak 97 ibu yang meninggal dunia ketika melahirkan.

Akibat tingginya angka kematian ibu melahirkan di Jakarta Barat dan juga di wilayah Jakarta Timur karena ada sejumlah daerah yang merupakan rawan dan berisiko tinggi.

Menurut Dien di Jakarta Barat kita ketahui banyak daerah-daerah diskotik, angka penggunaan narkoba juga sangat tinggi, sedangkan daerah Jakarta Timur daerah bongkaran juga banyak.

Ia menambahkan pihaknya terus berupaya menurunkan angka kematian ibu di DKI Jakarta. Yaitu dengan menguatkan pelayanan kesehatan untuk ibu hamil di 4.200 puskesmas di seluruh DKI Jakarta dan melakukan sweeping terhadap ibu hamil untuk memastikan mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan dan persalinan.