Bagikan fotocopy KTP di FB bisa berakibat fatal loh!

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Ingat, membagikan fotocopy identitas atau hasil scanner seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) di FB bisa berakibat fatal. Masalahnya oknum yang tidak bertanggung jawab bisa menggunakan fotocopy KTP yang anda share di FB untuk tindak kriminal.

Penipuan adalah salah satu tindak kriminal yang kerap didapati saat era teknologi digital. Tak jarang para dedemit dunia maya itu mengelabui korban dengan identitas palsu. Bahkan mereka bisa menggunakan identitas seperti KTP warga lain untuk meyakinkan korban. Kenapa harus KTP?

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Heboh di FB, Beli Rumah Dapat Janda Cantik Ini

KTP memiliki nomor induk dan alamat lengkap. Tak jarang situs online yang profesional meminta melakukan verifikasi alamat dan nomor induk KTP untuk meyakinkan. Jika ini digunakan oknum tak bertanggung jawab dalam hal negatif bisa berakibat fatal bagi citra anda di situs media online terpercaya.

Selain mendapat copi KTP di media sosial seperti FB, peluang mendapatkan copy-an KTP dari pendaftaran online yang menyesatkan. Parahnya lagi jika, akun di FB dan email bisa direset oleh dedemit dunia maya menggunakan KTP sebagai bukti kepemilikan. Karena secara legalitas, KTP itu bisa digunakan sebagai alat bukti untuk mengembalikan atau meminta kata sandi akun login Email. Jadi waspadalah membagikan fotocopy KTP anda di FB maupun tempat lainnya. Jika ingin membagikan pastikan situs tersebut terpercaya dan resmi.

BACA JUGA:   Hal menarik di sosial media FB saat ini

Laporan: cr18/Jabbar Bahring

Pos terkait