May Day 2014, buruh tuntut honorer diangkat jadi PNS

oleh -

JAKARTA,BB – Buruh yang menggelar aksi demonstrasi hari ini 1 Mei 2014 juga menuntut agar para pegawai dan guru honorer diangkat menjadi PNS. Selain itu, guru honorer juga diberikan subsidi Rp 1 Juta per orang setiap bulan.

Dana atau anggaran untuk guru honorer tersebut bisa diambil dari APBN. Selain tuntutan di atas terdapat 9 tuntutan lain oleh ratusan ribu buruh di Jakarta dan 20 provinsi lainnya di Indonesia. Mereka datang dari sejumlah aliansi serikat pekerja .

Dalam aksinya, buruh meneriakkan sepuluh tuntutan yang ditujukan bagi para pengusaha dan pemerintah. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, sepuluh tuntutan yang akan disampaikan oleh buruh itu menyangkut persoalan kesejahteraan buruh dan para pegawai outsourcing lainnya.

Loading...

Berikut 10 tuntutan Hari Buruh 1 Mei 2014:
1. Naikkan upah minimum 2015 sebesar 30 persen dan revisi KHL menjadi 84 item;
2. Tolak penangguhan upah minimum;
3. Jalankan Jaminan Pensiun Wajib bagi buruh pada Juli 2015;
4. Jalankan Jaminan Kesehatan seluruh rakyat dengan cara cabut Permenkes 69/2013 tentang tarif, serta ganti INA CBG’s dengan Fee For Service, audit BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan;
5. Hapus outsourcing, khususnya outsourcing di BUMN dan pengangkatan sebagai pekerja tetap seluruh pekerja outsourcing;
6. Sahkan RUU PRT dan Revisi UU Perlindungan TKI No 39/2004;
7. Cabut UU Ormas ganti dengan RUU Perkumpulan;
8. Angkat pegawai dan guru honorer menjadi PNS, serta subsidi Rp 1 Juta per orang/per bulan dari APBN untuk guru honorer;
9. Sediakan transportasi publik dan perumahan murah untuk buruh;
10. Jalankan wajib belajar 12 tahun dan beasiswa untuk anak buruh hingga perguruan tinggi.

laporan: cr17/jhe