Innalillah, sedikitnya 2500 orang terkubur akibat longsor di Afganistan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

MAZAR-I-SHARIF,BB – Sebuah tragedi bencana tanah longsor melanda sebuah desa di Afganistan. Sedikitnya 350 dikabarkan tewas dan ribuan masih tertimbun tanah. Menurut laporan dailymail.co.uk, sedikitnya 2.500 orang tewas dan tertimbun akibat peristiwa ini.

Bukit di distrik Argo, Badakshan tiba-tiba runtuh dan menimpa pemukiman yang dihuni ribuan orang. Longsor dikabarkan terjadi Jumat 2 Mei 2014 kemarin. Menurut pejabat pemerintah, tanah longsor terjadi pada sekitar tengah hari waktu setempat, atau sekitar pukul 15.30 WIB, di distrik Argo, Badakshan. Sebelumnya terjadi hujan lebat selama berhari-hari.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah bencana. Longsor berpengaruh kepada sekitar 1.000 keluarga,” kata Kepala Otoritas Manajemen Bencana Nasional Afghanistan di Provinsi Badakshan, Sayed Abdullah Homayun Dehqan. “Sekitar 300 keluarga hilang. Ini sekitar 2.000 orang,” imbuh dia.

Kini warga dan tim relawan berusaha mengangkat tanah, batu, dan puing. Ucapan bela sungkawa dan kesiapan mengirim bantuan datang dari sejumlah negara termasuk PBB.

Laporan: cr17/Jhe/AF