Maria Gaetana Agnesi, ahli kalkulus di Google

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Maria Gaetana Agnesi, ahli kalkulus di Google
JAKARTA,BB – Kelahiran ahli matematika Maria Gaetana Agnesi dirayakan oleh Google Doodle. Hari ini Jumat 16 Mei 2014, merupakan hari ulang tahun Maria Gaetana Agnesi ke-296. Maria Gaetana Agnesi lahir tanggal 16 May 1718 di Milan, Habsburg Empire, sekarang Italia.

Maria terkenal sebagai anak ajaib sejak lahir. bagaimana tidak, dalam usia kanak-kanak Maria Gaetana Agnesi bisa berbicara bahasa Italia dan Perancis. Kemudian di usia 13 tahun menguasai bahasa Yunani, Ibrani, Spanyol, Jerman, Latin, dan disebut sebagai “Poliglot Berjalan”. Ketika dia berumur 9 tahun, dia menulis dan menyampaikan pidato selama satu jam dalam bahasa Latin dengan beberapa intelektual paling terkemuka pada hari itu. Subjeknya adalah hak perempuan untuk dididik. Mungkin inilah salah satu alasan sehingga Google ingin mengingatkan sejarah seorang perempuan ajaib di masa silam.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   50th Anniversary of the "I Have a Dream" Speech di Google Amerika

Maria dikreditkan dengan menulis buku pertama membahas kedua diferensial dan kalkulus integral dan merupakan anggota kehormatan fakultas di University of Bologna. Dia mengabdikan empat dekade terakhir hidupnya untuk teologi belajar (terutama patristics) dan untuk melayani masyarakat miskin. Maria Teresa Agnesi Pinottini, clavicembalist dan komposer, adalah adiknya.

Pada usia 20 tahun ia memulai sebuah karyanya yang terpenting, sebuah buku ajar kalkulus. Untuk masanya, kejelasannya sungguh-sungguh mengagumkan dan merupakan buku ajar kalkulus luas yang pertama sejak karya dini dari I’Hospital. Buku itu memberikan banyak kehormatan termasuk pengakuan dari Kaisar Maria Theresa dan Paus Benediktus XIV.

Nama Agnesi menguasai suatu tempat dalam kepustakaan matematika melalui suatu sumbangan kecil Maria yakni pembahasannya tentang kurva yang dikenal sebagai versiera, yang berasal dari bahasa latin vertere yang artinya membalik. Kurva tersebut dikenal sebagai sihir dari Agnesi karena versiera dalam bahasa Italia berarti Iblis betina.

BACA JUGA:   Fakta Unik Georges Perec, Buat Novel 300 Halaman Tanpa Huruf E

Hasil yang paling berharga dari pekerjaan nya adalah Instituzioni analitiche ad uso della gioventù italiana, sebuah karya besar jasanya, yang diterbitkan di Milan pada tahun 1748 dan “dianggap sebagai pengantar terbaik yang masih ada untuk karya Euler.” Volume pertama memperlakukan analisis jumlah terbatas dan yang kedua dari analisis infinitesimals. Sebuah terjemahan bahasa Prancis dari volume kedua oleh PT d’Antelmy, dengan tambahan oleh Charles Bossut (1730-1814), diterbitkan di Paris pada 1775, dan terjemahan bahasa Inggris dari seluruh karya John Colson (1680-1760), yang Lucasian Profesor Matematika di Cambridge, “diperiksa” oleh John Hellins, diterbitkan pada tahun 1801 dengan mengorbankan Baron Maseres.

Agnesi juga menulis sebuah komentar pada Traité analytique des bagian coniques du Marquis de l’Hôpital, yang meskipun sangat dipuji oleh mereka yang melihatnya dalam naskah, tidak pernah dipublikasikan. Pada peringatan seratus tahun meninggalnya, kota Milan menghormati Agnesi dengan memberi nama sebuah jalan atas namanya. Sebuah batu pertama di bagian muka gedung Luogo Pio bertuliskan prasasti yang isinya “terpelajar dalam matematika, keagungan Italia dan abadnya”.

BACA JUGA:   Hari Pertama Paralimpiade 2016 Jadi Google Doodle, Apa Itu?

Laporan: cr19/Wiki/Padbook – Foto geborem.am

Pos terkait