Kubus Rubik, di halaman utama Google (Doodle)

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Permainan Kubus Rubik terpajang di halaman utama (home) Google hari ini. Google Doodle tak melupakan bahwa hari ini adalah 40 tahun Kubus Rubik sejak ditemukan tahun 1974.

Dihalaman utama Google, mata akan tertuju pada gambar kubus berwarna warni. Jika anda klik maka akan membesar dan sebagian belahannya akan berputar. Memang permainan ini bertujuan mengasah otak mempertemukan semua sisi dengan warna yang sama. Di era 80an, permainan ini menjadi wajib bagi anak-anak maupun orang dewasa. Saking terkenalnya, permainan ini pun masuk dalam museum Modern Art. Permainan ini barulah kalah populer sejak kehadiran hula-hoop.

Penemu permainan kubus rubik bernama Erno Rubik (69). Kubus rubik pertama terbuat dari bahan kayu. Kubus itu yang dia tunjukkan saat mendaftarkan paten di Hongaria tahun 1975.

Google hari ini memperingati 40 tahun penemuan Kubus Rubik. Untuk permainan ini, Stephen Adhisaputra pada tanggal 14 Januari 2012 membuat catatan menyelesaikan hanya dalam waktu 6.84 detik pada event Rubikku Champ.

BACA JUGA:   Soraya Jiménez, Wanita Peraih Emas Pertama di Meksiko jadi Doodle Google

Laporan: cr19/Jhe