Jangan Takut, Malam Jumat Itu Hari Mulia

  • Whatsapp

Bulukumba, BB – Malam Jumat yang diartikan sebagai malam menakutkan tentu tak lahir sendirinya. Lalu kenapa malam Jumat menakutkan?

Malam Jum’at apalagi Kliwon begitu sakral bagi sebagian orang. Mulai dari pengaruh budaya adat ataupun keyakinan tertentu.

Bacaan Lainnya

Kini persepsi malam Jumat tertuju pada suasana menatakutkan, ngeri, mencekam atau mistis. Tengoklah di sekitar anda saat malam Jumat. Maksudnya periksalah status teman anda di situs jejaring sosial pada hari Kamis.  Tak sedikit yang menulis hal hal menakutkan atau mengingatkan hari ini adalah hari yang ngeri.

Paling mnghebohkan adalah siaran televisi pada malam Jumat. Televisi kerap menyiarkan acara yang bernuansa hantu, setan di malam Jumat. Ataukah ceritanya yang menakutkan pada malam Jumat.

“Saya kira salah satu pemicunya adalah siaran televisi. Ini lebih cepat membuat penonton terutama anak-anak  trauma akan kegiatan-kegiatan mistik seperti hantu atau setan di malam Jumat,”ujar Abdul Kadir, warga Kelurahan Caile menangagapi persepsi malam Jumat.

Abdul Kadir berharap siaran televisi bisa mengurangi tayangan mistik atau menyeramkan.Orang tua juga menurutnya berperan penting dalam mengajarkan hal baik di malam Jumat.

“Sebaikanya pengelola televisi atau orang tua lebih banyak mengajarkan hal baik di malam Jumat. Sehingga mitos malam jumat tidak menakutkan tapi membahagiakan,”pintanya Kamis 28 Maret 2013.

Sementara itu menurut Ustad Amin sebagai mana dilansir dari blog malam Jumat adalah malam yang dimuliakan.  Malam jum’at adalah malam pemulaan hari Jumat karena pemulaan hari dalam islam dihitung sejak terbenamnya matahari.

Malam Jumat bukan malam yang menakutkan karena justru di malam itu umat beragama Islam justru dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunnah. Sesungguhnya jumat adalah hari yang istimewa dalam agama islam.

Malam Jumat menjadi suatu hal yang menakutkan itu karena malam jum’at merebak di kalangan masyarakat jawa. Sebab hari pasaran kliwon itu dikenal dalam penanggalan jawa banyak yang dilakukan pada malam Jumat. Seperti mencuci benda-benda pusaka seperti keris dan sebagainya. Sehingga masyarakat kita yang lainnya terbawa arus budaya tersebut.

Laporan: Andi Vina