Mary Anning, cari fosil dinosaurus untuk "makan"

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Pencari fosil satu ini awalnya memang murni bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Berkat hasil penemuan fosil, ia pun mempergunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

Terlebih lagi saat Mary Aning ditinggalkan orang tuanya. Hasil pekerjaannya sebagai pencari fosil digunakan untuk membayar utang. Berkat kerja kerasnya itu, perempuan ini menemukan beberapa spesimen dinosaurus yang menjadi cikal bakal dari paleontologi. Sebuah disiplin ilmu yang mempelajari sejarah kehidupan di bumi dan tanaman serta hewan purba berdasarkan fosil yang ditemukan.

Bacaan Lainnya

Google hari ini membuat doodle di halaman muka mesin pencarinya.Rabu 21 Mei 2014 ini merupakan hari ulang tahun kelahira Mary Aning ke-215.  Tampak gambar Anning seperti mencari fosil dengan latar gambar tulang belulang bertuliskan kata Google. Doodle juga menampakkan Anning saat beraktivitas menyapu fosil dengan kuas.

Mary Anning sangat terkenal di abad ke-19. Ia lahir 21 Mei 1799. Anning menggeluti dunia pemburu fosil dari sang ayah, pembuat lemari dan penjual fosil. Tulisan ilmiah satu-satunya terbit di majalah Natural History 1839. Hanya berupa ringkasan dari tulisan karya Anning yang ditujukan pada editor majalah tersebut. Anning meninggal dunia tahun 1847 karena kanker payudara. Penulis kenamaan Charles Dickens pernah menulis tentangnya di tahun 1865.

Laporan: cr19/Jhe – Foto int